Tips Memasang Ban

Pahami Bahaya dan Dampak Pasang Ban Depan yang Lebih Besar

Terdapat alasan mengapa ban depan motor umumnya lebih kecil daripada ban belakang. Namun, ada saja pemilik kendaraan yang mengganti ban depan jadi lebih besar.

Featured-Image
Pahami bahaya ban depan motor yang lebih besar daripada ban belakang. (Foto: dok. FDR)

bakabar.com, JAKARTA - Terdapat alasan mengapa ban depan motor umumnya lebih kecil daripada ban belakang. Namun, ada saja pemilik kendaraan yang mengganti ban depan jadi lebih besar.

Terlepas dari sengaja atau tidaknya pemilik kendaraan tersebut memasang ban depan yang lebih besar, mari kita bahas bahayanya terlebih dahulu.

"Kalau ban depan lebih besar daripada ban belakang itu, motor jadi kurang stabil," Assistant Leader Planet Ban, Adji Noegroho kepada bakabar.com di kawasan Depok, Senin (30/1).

Menurutnya, ban depan yang lebih besar itu sangat berpengaruh khususnya saat kendaraan melaju kencang atau saat berbelok.

"Karena diameter (lebar) vleg depan dan belakang itu berbeda, jadi kalau ban belakang lebih kecil daripada ban depan, ya kurang stabil," jelasnya.

Baca Juga: Langkah Mudah Mencuci Mobil di Rumah, Kinclong Sampai Kolong

Meski begitu ia menambahkan jika dipakai untuk jalan pelan, ban yang berbeda tersebut tidak menjadi masalah.

"Untuk jalan pelan ya aman-aman aja. Selain itu, medan juga tidak terlalu berpengaruh," tukasnya.

Ia menyarankan untuk tetap mengikuti standar pabrik di mana ban depan normalnya lebih kecil daripada ban belakang.

"Beda satu step doang sih, jadi depan 80/90, belakang 90/90. Kalo misal depannya lebih besar, biasanya belakangnya juga dibesarin biar seimbang," ungkapnya.

Baca Juga: Kapan Waktu dan Jarak Ideal Ganti Oli Motor? Yuk Disimak Bestie

Ban Depan Lebih Besar

Ia menjelaskan dirinya tidak tahu secara persis alasan mengapa kebanyakan pengguna motor memakai ban depan yang lebih besar.

Namun ia mengaku ketika diminta untuk memasang ke pelek motor dirinya selalu bertanya apakah penggunanya nyaman atau tidak.

"Kita selalu tanya ini nyaman atau tidak (memakai ban depan yang lebih besar). Terkadang si konsumen kenapa ban depan lebih besar karena faktor budget juga," katanya.

"Misalnya, ban belakang masih bagus sementara ban depannya udah botak, nah di pindahin dah itu ban belakangnya ke depan. Terus yang belakang beli baru, karena dia lebih pentingin yang belakang karena biasanya lebih awet," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner