Tips Otomotif

Kapan Waktu dan Jarak Ideal Ganti Oli Motor? Yuk Disimak Bestie

Mengganti oli motor secara rutin adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga mesin kendaraan agar awet dan tetap dalam kondisi terbaik.

Featured-Image
Kapan waktu dan jarak ganti oli motor yang tepat tergantung dari seberapa sering kendaraan dipakai. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Mengganti oli motor secara rutin adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga mesin kendaraan agar awet dan tetap dalam kondisi terbaik.

Lantas timbul pertanyaan kapan waktu dan jarak ideal motor untuk berganti oli? Simak artikel berikut untuk menyiratkan jawabannya.

"Kapan waktu ideal ganti oli buat motor itu tiap kendaraan sebenarnya berbeda. Tergantung kondisi motor dan seberapa sering (kendaraan) dipakai," ujar Assistant Leader Planet Ban, Adji Noegroho kepada bakabar.com di kawasan Depok, Senin (30/1).

Baca Juga: Dealer Baru Honda di Pohuwato Gorontalo Layani Servis dan Spare Part

Lebih lanjut ia mengatakan jika semakin sering dan jauh jarak motor ketika digunakan, maka akan semakin cepat pula kendaraan itu untuk ganti oli.

"Kalau di oli kita (extend) untuk jarak pemakaian setiap hari pulang- pergi kerja, bisa sampai satu bulan lebih. Tapi kalau untuk ojol (ojek online) bisa dua minggu lebih, tergantung kondisi motor juga," tukasnya.

Menurut dia jika motor jarang dipakai atau hanya digunakan untuk jarak tempuh yang cukup dekat, maka bisa bertahan hingga dua bulan.

"Kalau jarak dekat, misal untuk mengantar anak sekolah atau ke warung kurang lebih tahan dua bulan. Kalau dipakai untuk pulang-pergi kerja paling sebulan sudah wajib ganti," imbuhnya.

Dikatakannya, kondisi ideal mengganti oli pada motor sebenarnya adalah satu bulan.

Baca Juga: Showroom Pertama Jaguar dan Land Rover Hadir di PIK Jakarta

Waspada Oli Palsu

Ia juga menegaskan bahwa saat ini banyak beredar oli-oli palsu di beberapa bengkel, meski ia tidak bisa mendeskripsikan dengan detail seperti apa oli palsu tersebut.

"Kalau di produk di kita (planet ban) sudah pasti asli karena sudah di tes keasliannya," tegasnya.

Terakhir, ia menyebut bahwa mengganti oli kendaraan tidak harus di bengkel dan dapat dilakukan sendiri atau di rumah.

"Kalau punya kunci dan mangkuknya bisa ganti oli sendiri kok. Mudah juga sih buat ganti oli sendiri," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner