Mudik Lebaran 2023

Operasi Ketupat Akan Amankan Perjalanan Mudik Selama Libur Lebaran

Operasi Ketupat yang akan berlangsung mulain 18 April dilakukan untuk mengamankan perjalanan mudik dan balik masyarakat.

Featured-Image
Kapolri Listyo Sigit Rabowop saat diwawancarai wartawan di Mabes Polri. Foto: apahabar.com/Ariyan Rastya

bakabar.com, JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia akan melakukan operasi ketupat untuk mengamankan liburan serta arus mudik selama Idul Fitri.

Adapun operasi ketupat akan dilaksanakan sepanjang masa arus mudik hingga arus balik pada tanggal 18 April sampai 1 Mei 2023.

“Terkait tugas Polri saat arus mudik nanti, dan yang akan kita siapkan menjelang libur Idul Fitri nanti maka kita Kepolisian akan melaksanaka operasi ketupat yg akan kita laksanakan secara terpusat dari mulai tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei,” ujar Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai menjalani Rapat Koordinasi bersama beberapa kementerian di Mabes Polri, Kamis (6/4).

Baca Juga: Mudik Lebaran, Jasa Marga Berlakukan Diskon 20 Persen Tarif Terjauh

Untuk memuluskan jalannya operasi ketupat, Kapolri menginstruksikan untuk melakukan pra-kondisi yakni satu minggu sebelum tanggal 18 April dan satu minggu setelah tanggal 1 Mei 2023.

“Sehingga kami melakukan operasi selama kurun waktu total hampir satu bulan,” paparnya.

Operasi ketupat dilakukan untuk pengamanan, menindak lanjuti data terakhir dari Kemenhub bahwa adanya peningkatan arus mudik yang akan keluar dari Jakarta ke daerah-daerah luar.

“Ini semua kita lakukan untuk mempersiapkan dan mengantisipasi terkait dengan data yang diberikan oleh kemenhub bahwa ada peningkatan arus mudik dan arus balik sehingga arahan dari presiden bahwa pengamanan pelaksanaan arus mudik dan balik tahun ini bisa menjadi lebih baik,” tambahnya.

Baca Juga: Hadapi Arus Mudik Lebaran, Pemerintah Diminta Tambah Titik Rest Area

Dengan adanya operasi tersebut, Sigit berharap angka kecelakaan lalu lintas saat mudik nanti semakin rendah sehingga masyarakat bisa melakukan perjalanan dengan aman dam nyaman.

“Jadi harapannya angka laka lantas bisa kita turunkan dan masyarakat tetap bisa mudik dengan aman,” imbuhnya.

Kapolri juga mengimbau kepada masyarakat yang nantinya mengalami kendala saat akan mudik, memanfaatkan command center Polri yang telah disiapkan dan disebar di beberapa titik daerah.

Baca Juga: Prediksi Titik Rawan Macet di Jalur Mudik Lebaran 2023

Command center tersebut nantinya digunakan untuk menerima laporan apapun terkait kendala masyarakat dalam perjalanan mudik dan nantinya akan diteruskan ke Kementerian terkait.

“Jadi masyarakat bisa melaporkan ke sana dan nantinya akan kita teruskan ke kementerian terkait untuk menyelesaikan apa saja keluhan dari masyarakat,” tandasnya.

Dengan adanya Command Center tersebut, Sigit berharap dapat memperlancar perjalanan mudik masyarakat menuju kampung halaman nanti.

“Harapan kita, komunikasi publik yang baik antara petugas dan masyarakat ini sudah bisa membantu memperlancar proses perpulangan nanti,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner