Mudik Lebaran 2023

Prediksi Titik Rawan Macet di Jalur Mudik Lebaran 2023

Terjebak macet merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Apalagi jika kamu terjebak macet saat sedang mudik Lebaran.

Featured-Image
Prediksi titik rawan macet di jalur mudik Lebaran 2023.(Foto: dok. Antara)

bakabar.com, JAKARTA - Terjebak macet merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Apalagi jika kamu terjebak macet saat sedang mudik Lebaran.

Meski aparat kepolisian sudah mengantisipasi terjadinya kemacetan terkait melonjaknya arus mudik, ada baiknya kamu untuk mengetahui titik rawan kemacetan saat momen mudik Lebaran tahun ini.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi dua titik macet utama akibat padatnya kendaraan akan terjadi di Tol Cipali dan Merak.

Kepadatan lalu lintas di Jalan arteri dan jalan tol menuju arah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumatera tersebut akan terus naik hingga puncaknya H-3 Lebaran sebelum 22-23 April 2023.

Baca Juga: Catat! Titik Lokasi Contraflow-One Way di Jalur Mudik Lebaran 2023

Berikut ini daftar titik macet mudik yang perlu kamu ketahui:

Jakarta

Jalur arteri rawan macet di Jakarta terletak di Jalan Daan Mogot depan Terminal Bus Kalideres. Jalan Jatiuwung, Jalan Kalimalang dan Pasar Rebo atau Kramat Jati.

Sementara jalan tol dengan titik macet mudik yang harus diketahui adalah jalur Tol Jakarta–Cikampek KM 10, KM 19 (Rest Area), KM 39 (Rest Area), Tol Kunciran KM 13 dan Tol Jakarta–Tangerang KM 14, Tol Jakarta–Bogor–Ciawi KM 10, Tol Cikunir 2 dan Tol Jakarta–Cikampek KM 6.

Jawa Tengah

Perkiraan titik kemacetan di Jawa Tengah terletak di arah Magelang menuju Yogyakarta, Salatiga, Boyolali dan Kartasura.

Sementara itu, titik macet lainnya ada di Pasar Losari, Simpang 3 Pejagan, Pasar Brebes, Terminal Tegal, Pasar Comal, Pasar Wiradesa Jalan Pemalang, Pasar Tumpah dan Jalan Kaligawe di Kota Semarang.

Titik macet di wilayah Pantura akan diperkirakan terletak di pasar tumpah Demak dan Jepara, perbatasan Kudus-Pati, Jalan Diponegoro Rembang, Pasar Rembang, Swalayan Luwes Blora, dan Pasar Jepon Blora.

Baca Juga: Hadapi Arus Mudik Lebaran, Pemerintah Diminta Tambah Titik Rest Area

Simpul kemacetan di Jawa Tengah akan terletak di Jalan Jenderal Pol Anton Sujarwo, Jalan Gatot Subroto Ungaran, Jalan Diponegoro Ungaran, Perbatasan Bawen-Salatiga, Jalan Kartasura, Pasar Payaman Magelang, Simpang 3 Keprekan, Simpang 3 Mendut, Simpang 3 Soedirman dan Pasar Borobudur di Magelang.

Jawa Timur

Sementara untuk titik macet mudik di Jawa Timur akan terletak di tujuh pintu tol exit yang terletak di Tol Sidoarjo, Tol Kejapanan di Waru Gunung, Tol Singosari dan Tol Pandaan.

Jawa Barat

Titik macet di wilayah Jawa Barat saat arus mudik Lebaran, yakni terletak di Pasar Sandang Tegal Gubug, Pasar Darurat Pasalaran, Pasar Mundu, Pasar Gebang, Pasar Kue Weru dan Pasar Minggu Palimanan.

Selain itu, titik kemacetan ada di wilayah Sukabumi yang terletak di Pasar Cicurug, Simpang Cidahu, Simpang Stasiun dan Pasar Parungkuda.

Tol Trans-Jawa

Nah untuk titik macet di Tol Trans-Jawa diperkirakan akan mengalami kemacetan yang berlokasi di KM 66 Jalan Tol Jakarta–Cikampek (Japek) arah ke Purbaleunyi, Gerbang Tol Cikampek Utama Tol Japek, Gerbang Tol Kalikangkung Tol Semarang-Solo, dan Gerbang Tol Banyumanik Tol Semarang-Solo.

Banten

Lalu untuk titik macet mudik lebaran di wilayah Banten terletak di exit atau entry Tol Bitung, exit atau entry Tol Balaraja Barat, Pertigaan Asem, Pertigaan Cilegon, Modern Cikande, Terminal Pakupatan, Simpang Kebon Jahe, Alun-alun Kramat Watu, Pelabuhan Merak, Pertigaan Labuan, Lampu Merah Malang Nengah, Simpang Malimping dan Terminal Bayah.

Sumatera

Terakhir untuk jalan Tol Trans-Sumatera juga berpotensi mengalami kemacetan, terutama di ruas tol Terbanggi Besar–Pematang Pangggang–Kayu Agung dan ruas Kayu Agung–Palembang–Betung (Kayu Agung–SS Kramasan).

Baca Juga: Ada Promo Spesial Buat yang Mau Mudik Lebaran Naik Bus hingga Pesawat

Tak hanya itu, Lintas Sumatera akan mengalami titik kemacetan yang berada di Jalan Lintas Sumatera perbatasan Riau dengan Jambi di Kabupaten Indragiri Hilir.

Lebih lanjut, di Sumatera Barat juga terdapat berbagai macam objek wisata sehingga memungkinkan untuk dipenuhi oleh kendaraan arus mudik dan semakin memperparah kemacetan.

Titik macet di Sumatera Barat berlokasi di Pasar Koto Baru, Pasar Padang Luar, Lembah Anai, Pasar Lubuk Alung, Simpang Gaung Teluk Bayur, dan jalan Tarusan–Painan.

Itu tadi perkiraan beberapa titik macet arus mudik Lebaran tahun ini.

Agar terhindar dari kemacetan, kamu bisa menggunakan jalan alternatif atau menyiapkan perencanaan lebih matang sebelum mudik Lebaran 2023.

Editor
Komentar
Banner
Banner