Tak Berkategori

Nasehatnya Selalu Ditaati, Ini Kunci Sukses Dakwah Imam Hasan Al Basri

apahabar.com, BANJARMASIN – Imam Hasan Al Basri dikenal sebagai pendakwah yang ulung. Bahkan, apabila beliau menasehatkan…

Featured-Image
Ilustrasi majelis di zaman para tabi’in. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Imam Hasan Al Basri dikenal sebagai pendakwah yang ulung. Bahkan, apabila beliau menasehatkan sesuatu, orang-orang bergegas melakukan apa yang dikatakannya. Apa kunci sukses dakwahnya?

Terkait dengan kunci sukses dakwah Imam Hasan Al Basri tersebut, sebuah cerita berikut bisa menggambarkan betapa indahnya dakwah Imam Hasan Al basri.

Baca Juga:Mengenang Abah Guru Sekumpul (5), Ejekan yang Menjadi Doa

Suatu waktu, serombongan budak mengunjungi ulama besar ini di rumahnya. Tujuan mereka, Imam Hasan mau menyampaikan materi tentang keutamaan memerdekakan budak di majelisnya. Dengan penyampaian itu, mereka berharap majikannya berkenan membebaskan mereka.

Imam Hasan hanya menjawab, "Insya Allah…"

Keesokan harinya, Imam Hasan pun berceramah. Namun, tidak sedikit pun menyinggung materi pesanan rombongan budak yang bertamu ke rumah beliau (Keutamaan memerdekakan budak, red).

Baca Juga:Terkuak, Begini Isi Surat Cinta Hurrem pada Sultan Suleiman

Mendengar materi ceramah Imam Hasan yang tidak menyinggung keutamaan memerdekakan budak, para hamba sahaya itu pun kembali menemui Imam Tabi'in tersebut, dan menyampaikan permintaan serupa.

Namun, kejadian itu berulang lagi, hingga 3 kali.

Hingga suatu hari, Imam Hasan menyampaikan ceramah dengan materi yang sesuai dengan permintaan para budak tersebut. Para jemaah pun langsung beramai-ramai memerdekakan hamba sahaya yang mereka miliki.

Baca Juga:Mengenang Abah Guru Sekumpul (4), Mengumpul "Dua Mutiara dari Tanah Banjar"

Setelah kejadian itu, rombongan budak kembali menemui Imam Hasan. Di antara mereka ada yang berkata, "Seandainya saja engkau menyampaikan materi itu dari kemarin-kemarin, maka kami pun tidak perlu menunggu lama untuk menjadi manusia merdeka."

Imam Hasan pun menjawab,"Sejak kemarin kalian memintaku untuk memerdekakan budak, sebenarnya aku belum pernah melakukan hal tersebut. Aku pun berada dalam kondisi tidak memiliki budak untuk dimerdekakan saat itu. Aku tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli budak dari orang lain.”

Baca Juga:Pengobatan untuk Relawan dan Jemaah Haul Guru Sekumpul Digratiskan

“Beberapa hari kemarin, aku menabung. dan tepat hari ini aku baru memiliki uang yang cukup untuk membeli budak, lalu memerdekakannya, maka baru hari ini pula, aku memiliki keberanian dan pengetahuan yang cukup untuk menyampaikan materi tersebut."

Menjalankan apa yang akan disampaikan dalam dakwah, menjadi kunci keberhasilan Imam Hasan dalam berdakwah.

Baca Juga:Relawan Posko Ami Guntung Alaban Siapkan Toilet Umum dan Tempat Parkir

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner