Regional

Muara Rapak Bikin Celaka, Wagub Kaltim: Jangan Ada Lampu Merah

Turunan traffic light Simpang Muara Rapak di Balikpapan lagi-lagi bikin celaka. Peristiwa itu menarik perhatian Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.

Featured-Image
Wagub Kaltim Berharap Tak Ada Lampu Merah Lagi di Muara Rapak. (apahabar.com/ Arif Fadillah)

bakabar.com, BALIKPAPAN- Turunan traffic light Simpang Muara Rapak di Balikpapan lagi-lagi bikin celaka. Peristiwa itu menarik perhatian Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.

Peristiwa nahas itu terjadi, pekan (24/5) lalu. Sebuah truk trailer melindas seorang pemotor yang sedang berhenti di traffic light. Korban pun tewas di tempat.

Bagi Hadi, ini bukan peristiwa pertama. Sebelumnya kecelakaan serupa juga sering terjadi. Ia menyebut faktor pemicunya lantaran kendaraan yang tak layak jalan. Fakta itu ia ketahui dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kaltim.

Baca Juga: Mobil Terjun Bebas ke Laut Balikpapan, Pemuda Tewas

"Kata mereka (PU) bukan masalah jalan. Tapi kendaraannya yang tidak diservis, termasuk over load, kelebihan muatan," katanya kepada bakabar.com.

Karena itu, ia meminta Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya untuk memperketat penjagaan di kawasan tersebut. Termasuk memastikan kendaraan yang melintas layak jalan.

Lantas, bagaimana dengan rencana pembangunan underpass? Hadi tak punya jawaban konkret. Namun, kata dia, jika itu pilihan terbaik, Pemprov Kaltim akan mendukungnya.

"Kalau itu dianggap bisa menanggulangi, kenapa tidak.  Tapi itu kan masalah teknis, yang penting harapannya tidak ada lampu merah lagi di situ," ucapnya.

Menyegarkan ingatan, peristiwa serupa pernah terjadi pada 21 Januari 2022 lalu. Lima pengandara tewas dilindas truk trailer di lokasi yang sama. 

Editor


Komentar
Banner
Banner