Banjarmasin Hits

MPP Baiman Resmi Beroperasi, Masyarakat Banjarmasin Dijamin Lebih Mudah Berurusan

Mal Pelayanan Publik (MPP) Baiman milik Pemkot Banjarmasin resmi beroperasi, Kamis (7/12).

Featured-Image
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, meninjau stand pelayanan di MPP Baiman. Foto: apahabar.com/Riyad

bakabar.com, BANJARMASIN - Mal Pelayanan Publik (MPP) Baiman milik Pemkot Banjarmasin resmi beroperasi, Kamis (7/12).

MPP yang berlokasi di eks bangunan Mitra Plaza Banjarmasin itu diisi 17 instansi, baik dalam lingkup Pemkot Banjarmasin atau intansi vertikal lain.

Rinciannya Badan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPKPAD), Dinas PUPR Banjarmasin, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Dinas Koperasi, dan Dinas Pendudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Kemudian PDAM Bandarmasih, Polresta Banjarmasin, Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarmasin, Kantor Pertanahan Banjarmasin, dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banjarmasin.

Kemudian BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak, Pengadilan Agama Banjarmasin, Bank Kalsel, Bapenda Kalimantan Selatan dan Layanan OSS.

"MPP ini bisa melayani hingga 150 jenis perizinan. Diharapkan bisa memudahkan masyarakat berurusan semua aspek di satu tempat," papar Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, seusai soft launching MPP Baiman.

"Semua pelayanan juga terintegrasi dengan sistem online. Semua yang ingin menguris KTP, perizinan, hukum, bahkan nikah, silakan datang ke MPP," imbuhnya.

Pemkot Banjarmasin berjanji akan menambah space, sehingga semakin banyak instansi dalam MPP yang dibangun dengan dana Rp4,4 miliar itu.

"Kantor Imigrasi belum tersedia, demikian pula PLN dan Pelabuhan. Kedepan ditambah space untuk menambah pelayanan yang sudah tersedia," janji Ibnu.

Pelayanan di MPP Baiman berlangsung sejak Senin hingga Jumat. Khusus Senin sampai Kamis, pelayanan dibuka mulai pukul 08.30 sampai 13.00. Sedangkan setiap Jumat mulai pukul 08.30 hingga 11.00.

"Selama persyaratan yang dibawa lengkap, kami berjanji akan melayani dengan cepat," tambah Ari Yani, Kepala DPM-PTSP Banjarmasin.

"Kemudian kalau masyarakat belum memahami sistem online, sudah tersedia petugas yang membantu," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner