Winglet RC213V

Motor Marc Marquez Usung Penggunaan Winglet Baru untuk Aerodinamika

Motor tunggangan milik Marc Marquez mengusung teknologi baru yaitu penggunaan winglet pada bagian buntut motor miliknya dengan tujuan untuk aerodinamika

Featured-Image
Marc Marquez gunakan winglet baru di motor RC213V (Foto: Speedweek)

bakabar.com, JAKARTA – Tim Repsol Honda nampaknya menyematkan teknologi baru di tunggangan milik Marc Marquez pada balapan MotoGP seri Australia di Sirkuit Philip Island.

Motor RC213V milik The Baby Alien kini dibekali Winglet baru di bagian belakang demi aerodinamika yang lebih baik.

Pada sesi kualifikasi MotoGP di Philip Island, terlihat motor Marc Marquez mendapat pembaruan teknologi baru untuk keperluan aerodinamika.

Penggunaan winglet di bagian belakang itu sebelumnya sudah digunakan lebih dulu pada motor milik Enea Bastianini di tim Ducati Desmosedici.

Winglet yang terletak di bagian buntut motor RC213V itu dinilai mirip dengan punggung salah satu spesies purba yang bernama Stegosaurus.

Alhasil, penambahan winglet tersebut bertujuan untuk membuat pengereman menjadi lebih baik dan stabil.

BACA : Jorge Martin Pole Position di MotoGP Australia, Pecahkan Rekor Lap Tercepat

Pasalnya, usaha tim Honda untuk menyematkan teknologi aerodinamika tersebut di RC213V itu cukup berhasil.

Terbukti, pada sesi kualifikasi MotoGP seri Australia itu The Baby Allien akan memulai balapan dari urutan kedua setelah meraih catatan waktu 1 menit 27,780 detik.

Marquez mengaku mendapatkan performa yang lebih baik usai penambahan winglet terbaru tersebut.

“Kami membutuhkan waktu untuk mencoba semua hal ini. Tapi ini adalah cara untuk meningkatkan di masa depan. Itu positif dan pada hari Sabtu kami akan terus menggunakan (pembaruan aero) karena membuat saya merasa sedikit lebih baik di trek ini,” ucap Marquez, dikutip dari Speedweek, Jumat (14/10).

Baca Juga: Ducati Susah Juara Dunia, Casey Stoner: Terlalu Banyak Perangkat Elektronik

Dengan penambahan inovasi tersebut, menurut pemegang juara dunia enam kali itu, timnya telah bekerja keras dan menjawab tantangan darinya yang menginginkan adanya perubahan lebih baik dari motor RC231V itu.

“Honda menyadarinya, mereka bekerja keras. Saya senang karena, seperti yang anda lihat hari ini, mereka terus bekerja. Hanya ada tiga balapan tersisa musim ini, tetapi mereka terus maju dan mencoba memahaminya untuk masa depan,” terang Marquez.

Musim ini, beberapa tim memang banyak yang mengembangkan teknologi winglet tersebut untuk keperluan aerodinamika.

Winglet itu sendiri berfungsi untuk mengatur aerodinamis motor saat melaju kencang di lintasan balap, yang dapat dimanfaatkan untuk menambah kecepatan dan juga pengendalian yang lebih stabil lagi.

Adapun sesi balapan MotoGP pada seri Australia di Sirkuit Philip Island nantinya akan digelar pada Minggu, (16/10), pukul 10.00 WIB.

Editor


Komentar
Banner
Banner