Bujur Jua Kah?

Motor Baru Tak Boleh Langsung Berboncengan? Berikut Mitos Soal Sepeda Motor

Membahas perihal dunia otomotif mungkin tidak akan ada habisnya.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Membahas perihal dunia otomotif mungkin tidak akan ada habisnya. Tentunya transportasi darat seperti mobil atau motor pastinya akan terus berkembang semakin berjalannya waktu.

Namun ternyata ada berbagai macam hal yang dipercayai oleh banyak orang tentang dunia otomotif hingga sekarang, khususnya motor. Apa saja kah itu?

Pertama, adalah tentang motor injeksi yang tidak boleh kehabisan bahan bakar minyak (BBM). Nah ternyata, ungkapan ini salah besar!

Karena katanya bikin fuel pump atau pompa bahan bakar cepat rusak gara-gara kehabisan bensin. Akan tetapi, yang sebenarnya kehabisan bensin tidak menjadi faktor pompa bahan bakar cepat rusak. Apalagi motor sekarang sudah pada canggih, pasti meminimalisir hal ini.

Kemudian yang kedua, isi bensin full tank, motor wajib digoyang. Kalo soal ini sering sekali ditemukan nih pasti! Namun sebenarnya hal ini tidak ada pengaruhnya terhadap motor saat mengisi BBM.

Dari dosen teknik mesin Universitas Gadjah Mada (UGM), Jayan Sentanuhady mengatakan, BBM berbentuk liquid (cair), sehingga secara otomatis mengisi ruang dalam tangki bensin.

"Tidak ada manfaatnya, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu menggoyang-goyangkan mobil atau sepeda motor mereka," ujar Jayan seperti dilansir dari Kompas.com.

Lain halnya, jika BBM berbentuk benda padat atau powder untuk membuat lebih compact.

Lalu yang ketiga, motor baru tidak boleh dipakai boncengan. Ungkapan ini juga salah besar, karena kalau dipakai boncengan dan di RPM tinggi sebenarnya tidak berakibat buruk bagi motor.

Dan yang terakhir, mencuci motor adalah ritual memanggil hujan. Walaupun cukup sering kejadian, bukan berati ini fakta ya! Sepertinya itu hanya perasaan saja, makanya apabila mencuci motor lebih baik untuk melihat ramalan cuaca terlebih dahulu.

Editor


Komentar
Banner
Banner