Olahraga

MotoGP Indonesia 2023 Rampung, Erick Thohir Apresiasi Peningkatan Jumlah Penonton

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memberi apresiasi dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023.

Featured-Image
Erick Thohir menyerahkan trofi juara kepada Francesco Bagnaia. Foto: Instagram/@erickthohir)

bakabar.com, LOMBOK – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memberi apresiasi dalam penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika. Dia mengapresiasi peningkatan jumlah kehadiran dan juga pengelola ajang tersebut.

Ya, jumlah penonton MotoGP Mandalika 2023 mengalami peningkatan ketimbang tahun lalu. Selama tiga hari penyelenggaraan dari 13 hingga 15 Oktober 2023, diketahui mencapai 102.929 penonton.

"Saya apresiasi jumlah penonton MotoGP tahun 2033 yang meningkat ketimbang tahun lalu,” kata Erick dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

“Hal ini menandakan market dari balapan yang masuk kalender dunia ini mulai terpetakan. Mulai dari market para penonton yang berasal dari Jakarta, atau Jawa Timur, bahkan dari Bali dan Lombok sendiri," lanjutnya, kutip Okezone.

"Hal ini harus menjadi kajian bagi pengelola Mandalika GP agar di tahun-tahun mendatang peningkatan terus terjadi," jelas Erick Thohir.

Erick Thohir tampak hadir di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu 15 Oktober 2023 saat balapan utama MotoGP Mandalika digelar.

Tak hanya itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) itu juga menyerahkan trofi pemenang, mewakili Presiden RI, Joko Widodo.

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai pemenang dalam seri balapan ke-15 musim ini tersebut. Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) melengkapi podium.

Tahun ini, merupakan kedua kalinya gelaran MotoGP dilangsungkan di Indonesia, atau tepatnya di Sirkuit Mandalika. Pada 2022, diketahui jumlah penonton tercatat sebanyak 102.901 penonton.

"Oleh sebab itu, saya terus mendorong kepada pengelola balapan MotoGP ini untuk menghadirkan acara-acara lain selain lomba motor," ujar Erick.

"Kegiatan tambahan tak hanya akan mendatangkan penonton, tapi dengan adanya pameran UMKM atau sejenisnya, maka meningkatkan daya tarik dari wisatawan mancanegara dan lokal dalam memberikan dampak ekonomi dan multiplier effect bagi masyarakat sekitarnya," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner