Tak Berkategori

Motif Penyerangan Novel Baswedan Mulai Terkuak

apahabar.com, JAKARTA – Kasus penyerangan penyidik senior KPK Novel Baswedan mulai menemui titik terang. Tim Pencari…

Featured-Image
Novel Baswedan. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA – Kasus penyerangan penyidik senior KPK Novel Baswedan mulai menemui titik terang.

Tim Pencari Fakta (TPF) menemukan fakta terkait dugaan teror penyiraman air keras.

Dugaannya berkaitan dengan kasus yang dikerjakan Novel. Novel dianggap menggunakan kewenangan berlebihan.

“TPF menemukan fakta terdapat probabilitas terhadap kasus yang ditangani korban yang menimbulkan serangan balik atau balas dendam, akibat adanya dugaan penggunaan kewenangan secara berlebihan. Dari pola penyerangan dan keterangan saksi korban, TPF meyakini serangan tersebut tidak terkait masalah pribadi tapi berhubungan dengan pekerjaan korban,” kata Juru Bicara Tim Pencari Fakta Kasus Novel Baswedan, Nur Kholis dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2019).

Karena itu, TPF kasus Novel Baswedan merekomendasikan kepada Kapolri untuk pendalaman terhadap probabilitas motif penyerangan terkait 6 kasus ‘high profile’ yang ditangani Novel Baswedan. Keenam kasus itu disebut TPF berpotensi menimbulkan serangan balik atau balas dendam terhadap Novel.

“Karena penggunaan kewenangan secara berlebihan,” sebut Nur Kholis.

TPF kasus Novel dibentuk Kapolri pada 8 Januari 2019 berdasarkan rekomendasi Komnas HAM. TPF kasus Novel menyelesaikan tugasnya tanggal 7 Juli 2019 atau sekitar 6 bulan.

TPF kasus Novel mendasari kerja dari hasil penyelidikan dan penyidikan Polri sebelumnya serta laporan dari Komnas HAM, Kompolnas, Ombudsman dan pihak lainnya. Novel Baswedan disiram Asam sulfat, H2SO4 pada 11 April 2017 di dekat rumahnya, Jl Deposito, Kelapa Gading, Jakut.

“TPF meyakini adanya probabilitas bahwa serangan terhadap wajah korban dimaksudkan bukan untuk membunuh tapi untuk membuat orang menderita,” kata Nur Kholis.

Baca Juga: Kuasa Hukum Siap Ungkap Nama Jenderal Polisi Terlibat Kasus Penyiraman Air Keras ke Novel Baswedan

Baca Juga: Harapkan Tim Gabungan Buka Misteri Kasus Novel

Baca Juga: Laporan Akhir Kasus Novel Baswedan Telah Serahkan ke Kapolri

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner