Pemkot Banjarmasin

Momentum Hari Ibu, Pemkot Banjarmasin Fasilitasi Pemeriksaan Ibu Hamil

Bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, Pemkot Banjarmasin menggelar kegiatan gerakan peduli ibu hamil di Puskesmas Sungai Jingah, Kamis (22/12).

Featured-Image
Kadinkes Banjarmasin, Muhammad Ramadhan, meninjau pemeriksaan USG terhadap salah seorang ibu hamil di Puskesmas Sungai Jingah. Foto: apahabar.com/Riyad

bakabar.com, BANJARMASIN - Bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, Pemkot Banjarmasin menggelar kegiatan gerakan peduli ibu hamil di Puskesmas Sungai Jingah, Kamis (22/12).

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut merupakan hasil kerja sama TP PKK dan Dinas Kesehatan Banjarmasin.

"Semoga semua pihak selalu peduli terhadap ibu hamil di sekitar. Kami berharap masyarakat juga bisa menjadi suami siaga," papar Siti Wasilah, ketua TP PKK Banjarmasin 

"Bagaimanapun ibu-ibu hamil itu sedang mengemban seorang calon generasi yang yang diharapkan berguna bagi nusa dan bangsa," tambahnya. 

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa USG, pemberian makanan sehat dan suplemen penambah darah kepada ibu hamil.

"Pemeriksaan ini juga bermaksud mendorong kesadaran ibu hamil agar rutin memeriksakan kandungan minimal sekali setiap 3 bulan, atau minimal empat kali selama masa kehamilan," beber Siti Wasilah. 

Sementara Kepala Dinkes Banjarmasin, Muhammad Ramadhan, menjelaskan kegiatan tersebut juga mendorong penguatan kepedulian terhadap ibu hamil di Kota Seribu Sungai

"Setelah terhenti akibad pandemi Covid-19, akhirnya kegiatan ini kembali digelar untuk mencegah kematian ibu dan anak, serta stunting," jelas Muhammad Ramadhan.

"Banyak faktor penyebab kematian ibu hamil, di antaranya adalah anemia. Makanya kami terus melakukan sosialisasi agar ibu hamil terhindar dari anemia," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner