Lebaran 2023

Momen Libur Lebaran, Sabang Catat Transaksi Sektor Wisata Rp7,3 Miliar

Pemkot Sabang mengungkapkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau paling barat Indonesia itu sebanyak 9.770 orang selama Lebaran.

Featured-Image
Wisatawan saat libur Lebaran 2023 memadati pusat perbelanjaan oleh-oleh di objek wisata Kilometer Nol Indonesia di Kota Sabang, Aceh. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang, Provinsi Aceh mengungkapkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau paling barat Indonesia itu sebanyak 9.770 orang selama libur Lebaran atau periode 22-27 April 2023. Kunjungan tersebut menghasilkan transaksi ekonomi senilai Rp7,3 miliar.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Sabang, Aceh menjelaskan wisatawan yang berlibur ke Pulau Weh, Sabang, itu didominasi oleh wisatawan dari kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara, serta sebagian dari Jakarta dan kota lain di Pulau Jawa.

"Dalam periode tersebut terjadi perputaran uang yang ikut menggerakkan roda perekonomian masyarakat Kota Sabang sebesar Rp7,3 miliar lebih," katanya Sabtu (29/4).

Ia menjelaskan lonjakan kunjungan wisatawan tersebut berdampak positif pada sektor usaha akomodasi, transportasi serta makanan dan minuman yang ada di Pulau Weh.

Baca Juga: BMKG Deteksi Gempa 5,3 Magnitude Goyang Sabang Aceh

"Ini tentunya berdampak positif bagi seluruh sektor, baik itu akomodasi, transportasi, dan kuliner," ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, juga berdampak pada pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak pada sektor cendera mata serta jenis lainnya untuk dijadikan oleh-oleh dari Sabang.

Reza berharap kunjungan wisatawan akan terus meningkat dan pariwisata Sabang semakin terkenal, sehingga akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Sabang.

"Terutama pada sektor usaha akomodasi, transportasi, dan kuliner di Kota Sabang," tegasnya.

Baca Juga: Libur Lebaran 2023, Kunjungan Wisatawan di Cianjur Anjlok 67 Persen!

Objek wisata favorit

Wisatawan berkunjung ke objek wisata Kilometer Nol, Kota Sabang, Aceh. Foto: ANTARA
Wisatawan berkunjung ke objek wisata Kilometer Nol, Kota Sabang, Aceh. Foto: ANTARA

Pemerintah Kota Sabang menegaskan, Kilometer (KM) Nol Indonesia dan Iboih menjadi objek wisata favorit tujuan wisatawan selama libur Lebaran 2023/ Idulfitri 1444 Hijriah di kota paling barat Indonesia itu.

"Setiap tahun Sabang selalu dipadati wisatawan terutama pada hari-hari besar, seperti Idul Fitri ini. Objek wisata yang paling ramai itu Kilometer Nol dan Iboih, terutama Pulau Rubiah," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Sabang, Sabtu (29/4).

Ia menjelaskan wisatawan yang berkunjung ke Sabang merencanakan kunjungan beberapa lokasi wisata, seperti Kilometer Nol, Iboih, Goa Sarang, situs sejarah Benteng Jepang, gunung api Jaboi.

Selain itu, pemandian air panas, pusat kota dan destinasi lain. Mereka tidak hanya sekedar berswafoto dan menikmati keindahan alam, tetapi juga sekaligus berburu oleh-oleh menarik khas pulau ujung barat Indonesia itu.

Baca Juga: 120 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Monas selama Libur Lebaran

"Iboih terutama Pulau Rubiah, selalu ramai dipadati wisatawan yang berkunjung, untuk menikmati wisata air seperti diving dan snorkeling. Terlebih lagi setelah ada spot selfie Sandiaga Uno di bawah laut Pulau Rubiah," ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, pergerakan penumpang dari Sabang ke Banda Aceh maupun sebaliknya, sejak 22-27 April 2023 sudah mencapai 25.089 orang, dengan rincian penumpang yang berangkat dari Sabang sebanyak 11.845 orang, dan yang datang dari Banda Aceh 13.244 orang.

"Berkat kerja sama dan kolaborasi yang baik antarpihak baik di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue dan Balohan Sabang, selama kurun waktu mudik ini, tidak ada kendala begitu signifikan," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner