Kalteng

Momen 10 Muharram, PMK Mahakam Kapuas Masak 40 Kawah Bubur Asyura

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Tradisi membuat dan membagikan bubur asyura pada 10 muharram masih dilestarikan sebagian…

Featured-Image
Warga Jalan Mahakam, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas saat membuat bubur asyura. Foto-Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Tradisi membuat dan membagikan bubur asyura pada 10 muharram masih dilestarikan sebagian warga Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) PMK 01 Mahakam Kecamatan Selat, Kapuas, pada 10 Muharram 1443 hijriah tahun ini bahkan membuat sebanyak 40 kawah bubur asyura untuk dibagikan kepada masyarakat.

“40 kawah bubur asyura yang kami buat ini menghabiskan sekitar 9 blek beras dan terdiri dari 41 macam sayur-sayuran yang sesuai pembuatannya secara syariat Islam,” kata Abuyajit, pelaksana pembuat bubur asyura, Kamis (19/8).

Adapun proses pembuatan bubur asyura dijelaskan Abuyajit, dimulai pihaknya dari pukul 20.00 Wib, Rabu (18/8) malam, untuk penyiapan bahan-bahannya.

“Kemudian dilanjutkan esok harinya sekitar pukul 09.00 Wib untuk proses pembuatan bubur asyura hingga siap dibagikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Abuyajit bilang, pembuatan dan pembagian bubur asyura rutin mereka laksanakan setiap 10 muharram. Dana pembuatan bubur asyura pun bersumber dari sumbangan masyarakat.

“Jadi, dana yang kami kumpulkan dari masyarakat kami bagikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk bubur asyura dan ini sudah jadi tradisi setiap tahunnya,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner