News

Moeldoko Beberkan 5 Strategi Pemerintah Percepat Transformasi Digital

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengatakan pemerintah telah menyiapkan lima langkah strategis dalam percepatan transformasi digital di Indonesia.

Featured-Image
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko. (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, mengatakan pemerintah telah menyiapkan lima langkah strategis dalam percepatan transformasi digital di Indonesia.

"Lima strategi ini merupakan arahan Presiden Jokowi dalam percepatan transformasi digital di Indonesia," kata dia seperti dilansir Antara, Jumat (2/12).

Moeldoko memaparkan strategi pertama, kata dia, perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dari hulu ke hilir.

Baca Juga: Moeldoko: Jadi Infanteri Jangan Cuma Modal Dengkul

Kedua, percepatan dan peningkatan layanan internet di lebih dari 12.500 desa/kelurahan dan titik-titik publik. Adapun yang ketiga, melakukan percepatan integrasi pusat data nasional.

Keempat, mempersiapkan kebutuhan SDM digital melalui proses transformasi yang menyeluruh dan merata, serta kelima, memperbaiki regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital untuk keberlanjutannya.

Ia menekankan transformasi digital telah menjadi bagian penting dalam mengubah lanskap perekonomian Indonesia, terutama saat pandemi Covid-19, di mana terjadi adopsi digital yang sangat pesat.

Baca Juga: Moeldoko: Infanteri Bukan Lagi Pasukan Pejalan Kaki

Baca Juga: Moeldoko Jajal Dunia Akting, 5 Politikus Ini juga Pernah Muncul di Film

Hal itu, tercermin dari peningkatan jumlah pelaku UMKM yang tergabung dengan ekosistem digital, yang mencapai 19 juta UMKM pada Mei 2022, sementara target pemerintah 30 juta pada 2024.

Transformasi digital, kata dia, juga sangat bermanfaat bagi reformasi kerja dalam pemerintahan yang membuat pelayanan publik menjadi lebih efektif, menjadikan ekosistem budaya kerja yang adaptif, kolaboratif, dan tertata.

"Untuk itu saya mengapresiasi acara ini (katadata Regional summit 2022) karena bisa memicu daerah dan pengusaha berinovasi menaikkan indeks digital," ujar dia. 

Editor


Komentar
Banner
Banner