Pemkot Banjarbaru

Banjarbaru Borong Dua Penghargaan Banua Digital Award

Selama 4 tahun terakhir, Wali Kota, M Aditya Mufti Ariffin, telah berhasil membawa Pemerintah Kota Banjarbaru bertransformasi dalam perkembangan era teknologi

Featured-Image
Pj Sekda Banjarbaru saat menerimakan penghargaan untuk Pemkot dalam ajang Banua Digital Award 2024. Foto : MC Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Selama 4 tahun terakhir, Wali Kota HM Aditya Mufti Ariffin berhasil membawa Pemko Banjarbaru bertransformasi dalam perkembangan era teknologi digital.

Buktinya Banjarbaru sukses meraih dua kategori penghargaan sekaligus di ajang Banua Digital Award.

Adapun kedua kategori penghargaan yang diraih ialah terbaik ketiga pemerintah daerah dengan implementasi QRIS pajak daerah dan terbaik ketiga pemerintah daerah dengan implementasi QRIS retribusi daerah.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Pj Sekda Kota Banjarbaru, Nurliani Dardie dalam High Level Meeting (HLM) & Capacity Building TP2DD 2024 Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Hotel InterContinental Sanur, Denpasar, Selasa (17/9).

Wali Kota Aditya, turut membenarkan kabar tersebut. Ia mengatakan penghargaan ini menjadi bukti bahwa teknologi digital telah diaplikasikan dalam pelayanan yang diberikan oleh Pemkot Banjabaru, termasuk digitalisasi pembayaran menggunakan QRIS.

“Alhamdulillah, tadi ibu Sekda kita telah menerima dua kategori penghargaan Banua Digital Award. Ya, ini menjadi bukti dari komitmen kita selama ini guna mendorong transformasi digital di berbagai sektor. Termasuk dalam pembayaran pajak dan retribusi, yang bisa menggunakan QRIS dan ini sangat tingginya volume penggunaannya,” paparnya.

Mendorong ibu kota provinsi Kalimantan Selatan dalam percepatan trasformasi digital, diakui Aditya sangatlah penting dalam menyukseskan program-program Pemko ke depannya. Termasuk dalam pemanfaatan teknologi, dalam memudahkan pelayanan bagi masyarakat luas.

“Selain tranformasi digital, kita juga memanfaatkan pengembangan teknologi. Sehingga jika dipadupandakan akan terlahir berbagai inovasi pelayanan yang sangat bermaanfaat bagi masyarakat. Mudah di akses dan menjangkau setiap sudut Kota Banjarbaru,” tuntas Wali Kota.

Di sisi lain, Pj Sekda Banjarbaru mengharapkan, dengan perolehan dua penghargaan dari BI tersebut dapat memotivasi SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru terus meningkatkan kinerja dalam percepatan dan perluasan digitalisasi daerah.

Selain itu, partisipasi ASN Pemerintah Kota Banjarbaru untuk berbelanja secara digital melalui QRIS pada aplikasi Aksel Bank Kalsel di tabungan masing-masing juga perlu ditingkatkan karena menjadi salah satu kategori yang dinilai dalam Banua Digital Award 2024.

“Partisipasi aktif dari Kepala SKPD pengelola pajak dan retribusi daerah untuk menghimbau secara aktif kepada para wajib pajak dan wajib retribusi untuk melakukan transaksi pembayaran melalui QRIS dan media digital lain. Petugas di SKPD pengelola pajak dan retribusi daerah juga agar dapat lebih aktif melaporkan updating data transaksi pembayaran setiap bulannya,” tandas Nurliani.

Editor


Komentar
Banner
Banner