OTOMOTIF

Mobil Antipeluru Cadillac One 'The Beast' Jadi Kendaraan Joe Biden di G20 Bali

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menghadiri KTT G20 dengan membawa mobil Cadillac One atau yang lebih dikenal dengan The Beast

Featured-Image
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden membawa mobil Cadillac One atau The Beast ke G20 di Bali. (Foto: The Mirror)

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dikabarkan Bakal menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan membawa mobil antipeluru Cadillac One atau yang lebih dikenal dengan The Beast.

Seperti namanya yang sangar, mobil warisan Donald Trump ini sudah tiba di Bali pada Minggu (13/11) bersama dengan Joe Biden hingga Rabu (16/11).

Sebagai tuan rumah, Indonesia sebenarnya sudah menyiapkan mobil antipeluru untuk para petinggi negara. Akan tetapi menurut Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama, jumlah unitnya terbatas.

"Ada juga yang meminta kendaraan keras atau anti peluru, kami menyediakan tapi sangat terbatas jumlahnya. Jadi mereka yang minta lebih dahulu kami berikan," kata  Setya Utama dalam keterangan resminya.

Baca Juga: PLN Siaga 24 jam Isi Ulang Baterai Mobil Listrik G20

Ia juga menyarankan bagi mereka yang punya kendaraan dinas bisa untuk dibawa sendiri di ajang yang berlangsung pada 15-16 November nanti.

The Beast sendiri juga sudah Biden gunakan saat menghadiri acara KTT G20 di Italia.

Spesifikasi The Beast

Mobil andalan Joe Biden ini memiliki bobot sekitar 6,3 ton sampai dengan 9 ton. Demi melajukan mobil seberat itu, The Beast diketahui menggunakan mesin diesel berkapasitas 5.000 cc.

Pintu The Beast dibekali lapisan baja dengan ketebalan sekitar 20 cm.

Tak hanya bagian itu saja, jendelanya juga antipeluru yang dilengkapi dengan lapisan polikarbonat dan kaca setebal 12 cm.

Baca Juga: Pesawat Air Force Boeing C-17 Mendarat di Bali, Joe Biden Hadir?

Sasisnya dibuat dari pelat baja yang kuat dan tahan karat. Komponen tersebut dirancang secara khusus untuk bisa menahan serangan bom. 

Selain itu, tangki mobil dinas ini juga berbahan antipeluru dan dilapisi busa khusus jika terjadi ledakan.

Dari segi ban, mobil tersebut memiliki ban berbahan keras dan tahan tusukan.

Bagian itu juga didukung dengan velg tahan karat yang memungkinkan melaju dengan kecepatan tinggi meski ban mengalami kerusakan.

Baca Juga: Usung Konsep Motoplex, Piaggio Membuka Dealer Baru di Padang

Cadillac One memiliki gril dengan desain yang sama seperti mobil konsep Cadillac Escala.

Meski konsepnya sama, tapi hanya satu hal yang dibikin seperti Cadillac One yang di pasaran, sisanya secara spek sangat berbeda.

Mobil kuat ini juga punya pesawat kargo sendiri yang bernama Globemaster C-17, dan akan mengikuti ke manapun Joe Biden pergi.

Untuk melindungi pengendara, The Beast dilengkapi juga dengan fitur keselamatan lain seperti perlengkapan night vision, tabung oksigen, telepon satelit dan kode nuklir.

Baca Juga: Bamsoet Geber Pembangunan Sirkuit Internasional Mobil Listrik di IKN

Tidak hanya fitur keamanan, fasilitas lain seperti defibrilator, dua kantong darah yang sesuai dengan Presiden AS dan perlengkapan darurat lainnya juga ada di mobil dinas ini.

Pemerintahan AS juga sengaja memilih mobil berbahan bakar solar, karena dianggap memiliki durabilitas yang tinggi.

Ditambah lagi bahan bakar solar memiliki votalitas rendah yang mengurangi risiko meledak.

Editor


Komentar
Banner
Banner