Video Viral

Miris, Video Orangutan Kebingungan di Tengah Tambang Batu Bara Kaltim

apahabar.com, BANJARMASIN – Baru-baru ini ramai di media sosial video seekor orangutan yang tampak kebingungan sendirian…

Featured-Image
Seekor Orang Utan Tampak Kebingungan di Tengah Proyek Tambang Batu Bara. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Baru-baru ini ramai di media sosial video seekor orangutan yang tampak kebingungan sendirian di tengah proyek.

Menurut keterangan video yang diunggah oleh akun @indoflashlight di Instagram pada Selasa (5/7), orang utan tersebut berada di kawasan pertambangan.

“Terdiam terpaku sembari melihat alat berat mondar-mandir di sekeliling,” buka keterangan @indoflashlight di Instagram seperti dikutip bakabar.com, Rabu (6/7).

Dalam video tersebut tampak seekor orang utan yang berjalan lesu di atas tumpukan tanah di sebuah proyek. Ia pun terlihat kebingungan berada di tengah-tengah proyek sendiri.

Terlihat pula, kendaraan berat seperti truk-truk besar yang lalu lalang.

Debu tebal dari tanah kering yang tertiup angin memenuhi udara di sana. Pemandangan seekor orang utan yang tersebut pun tampak bikin miris.

Diketahui, orang utan tersebut berada di sekitar tambang batubara yang berlokasi di Kutai, Kalimantan Timur.

Di akhir keterangan video, akun Instagram @indoflashlight berharap agar BKSDA Kaltim dapat segera mengevakuasi orang utan tersebut.

“Semoga BKSDA Kalimantan Timur cepat tanggap mengenai hal ini. Dan segera diusut agar satwa ini bisa dievakuasi. Kemungkinan besar orangutan ini tengah mencari makan atau terganggu akibat aktifitas tambang batu bara,” demikian keterangan video.

Tanggapan Warganet

Sontak saja, video tersebut menarik perhatian warganet yang menontonya. Mereka pun meninggalkan beragam komentar. Tak sedikit dari mereka merasa kasihan terhadap satwa langka tersebut.

“Jangan usir orang utan dari rumahnya #Saveorangutan,” komen @eve***.

“Miris lihatnya, kelihatan tatapannya sedih dan kebingungan,” ujar @fia***.

“Kasihan, ini sama saja seperti terjajah dari rumah sendiri,” kata @rai***.



Komentar
Banner
Banner