Pemkab Banjar

Meriahnya Pengunjung Pasar Wadai Ramadan Martapura, Bupati Ikut Belanja untuk Berbuka

apahabar.com, MARTAPURA – Meriahnya antusias warga pada pembukaan Pasar Wadai Ramadan 1443 Hijriah di Martapura, Kabupaten…

Featured-Image
Bupati Banjar dan jajaran SKPD turut berbelanja di Pasar Wadai Ramadan, di Martapura usai dibuka secara resmi, Minggu (3/4) sore. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA – Meriahnya antusias warga pada pembukaan Pasar Wadai Ramadan 1443 Hijriah di Martapura, Kabupaten Banjar di hari pertama bulan puasa.

Berlokasi di Jalan Kenangan samping Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, resmi dibuka Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Minggu (3/4) sore, setelah dua tahun absen lantaran pandemi Covid-19.

Pembukaan Pasar Wadai Ramadan Martapura ditandai dengan pemotongan untaian melati oleh Ketua Tim Penggerak PKK Hj Nurgita Tiyas, didampingi Bupati Saidi Mansyur, Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyie dan Ketua I TP PKK Hj Fatmawati.

Bupati Banjar sekeluarga hingga jajaran SKPD Banjar tampak turut berbelanja di Pasar Wadai Ramadan Martapura tersebut untuk berbuka puasa di rumah.

Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, mengatakan Pasar Wadai Ramadan Martapura tahun ini sudah pasti sangat dinantikan oleh seluruh lapisan masyarakat, karena bisa ditemukan beraneka ragam wadai tradisional khas Banjar, yang hanya bisa dijumpai pada saat bulan puasa saja.

Menurutnya kuliner atau wadai merupakan bagian dari obyek pemajuan kebudayaan. Untuk itu kuliner atau wadai harus terus dilestarikan dan digali kembali sebagai salah satu aset budaya Banjar.

“Even ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di masa pandemi Covid-19 dan menjadi sarana kegiatan publik masyarakat selama bulan Ramadan,” harapnya.

Saidi Mansyur juga mengatakan akan melakukan evaluasi pasar wadai ini agar di tahun mendatang keberadaannya semakin menarik.

Salah satu pengunjung, Salsabila mengatakan senang adanya Pasar Ramadan di Martapura kali ini, sebab konsepnya cukup menarik.

“Secara dekorasi sangat menarik, cocok untuk ngabuburit sambil memilih menu berbuka puasa,” ungkapnya.

40 meja yang tersusun rapi di kanan kiri Jalan Kenanaga tersebut terdiri dari 20 dari Perusda Pasar Bauntung Batuah dan 20 dari UMKM dari Dinas Kopsrasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar

Sebelumnya bagi pengunjung pasar wadai yang beruntung, pihak panitia juga menyiapkan doorprize menarik seperti lemari es, LCD TV dan sepeda BMX yang diundi langsung oleh Bupati Banjar.

Pembukaan Pasar Wadai Ramadan Martapura ini juga di hadiri Forkopimda, Sekda Banjar, Kepala SKPD hingga Kepala Kemenag Banjar.

Komentar
Banner
Banner