Histori

Menilik Viral Wanita Muda Jadi Pasukan Oranye Jakarta

Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara memiliki salah satu anggota perempuan yang dinilai memiliki paras

Featured-Image
Anggota PPSU Kelurahan Ancol Pepy Yunita yang melakukan pekerjaan dengan membersihkan gorong-gorong, Rabu (8/2/2023). (Foto: apahabar.com/Ryan Suryadi)

bakabar.com, JAKARTA - Aksi seorang perempuan muda yang kerap terjun ke gorong-gorong seputaran Ancol menyita perhatian publik. 

Ya, perempuan berkulit putih itu merupakan petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Pepy Yunita (26) namanya. Dia rela terjun ke gorong-gorong dan seringkali melakukan pekerjaan 'kasar' layaknya laki-laki demi memenuhi tanggung jawab sebagai PPSU Kelurahan Ancol.

Perempuan cantik ini tampak mengenakan baju oranye dan bertarung dengan debu beserta kotoran. Namun, ia melakukannya demi masyarakat agar melihat sisi lain Jakarta yang cantik untuk dipandang.

Pepy beralasan bahwa pekerjaan 'kasar' yang ia jalani untuk menopang kebutuhan keluarga kecilnya dan membantu suaminya yang bekerja sebagai buruh di kawasan industri Cikampek, Jawa Barat.

Apalagi, Pepy memiliki dua anak yang masih balita sehingga membuat dirinya tak pilih-pilih pekerjaan yang sudah dimulai sejak Januari 2023 kemarin.

"Ada yang diperjuangin. Iya buat bantu suami dan orang tua juga," kata Pepy saat ditemui bakabar.com, Rabu (8/2).

Kendati banyak kebutuhan, ia mengaku tak terpaksa menjalani profesinya sebagai pasukan oranye. Bahkan ia bersyukur karena membuka ruang silaturahmi dan memiliki teman yang banyak. Termasuk ia juga dapat mengatur waktu pekerjaan dengan keluarganya sehingga dapat menata keseimbangan kehidupan.

"Seneng aja jadi (PPSU) banyak temen. Terus bisa atur waktu juga," ucap Pepy.

"Jadi saya berangkat jam 06.30 WIB pagi. Anak sudah mandi. Dan anak dititip sama mamah. Baru deh saya kerja," tambah Pepy.

Semantara, Lurah Ancol Rusmin mengatakan Pepy Yunita merupakan petugas yang baru bergabung pada awal tahun 2023. 

"Pepy Yunita ini baru bergabung 2023 ini, dia ingin bergabung dengan PPSU Ancol kerena kebetulan dia warga kami," ujar Rusmin.

Ia merekrut Pepy untuk menjadi petugas pasukan oranye di Kelurahan Ancol bukan tanpa alasan, apalgi persyaratan masuk menjadi petugas PPSU tak terbilang mudah. Selain harus mendaftar dan mengajukan lamaran, PPSU juga harus dilakukan pengujian kelayakan menjadi anggota PPSU.

"Dia ikut serta melamar di kelurahan Ancol. Dan kami melakukan proses dan tim kami menilai layak menjadi anggota PPSU, dan siap membantu menjaga kebersihan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner