Habar Ramadan

Menilik Sejumlah Jalur Rawan di HSS saat Mudik Lebaran 2023

Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) telah memetakan sejumlah titik rawan bagi pemudik lebaran Idulfitri 1444 Hijriah. 

Featured-Image
Kasatlantas Polres HSS Iptu Oki Hermawan menjelaskan lokasi rawan di HSS. Foto-apahabar.com/Ahmad Syaifin Nuha

bakabar.com, KANDANGAN - Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) telah memetakan sejumlah titik rawan bagi pemudik lebaran Idulfitri 1444 Hijriah. 

Kasat Lantas Polres HSS, Iptu Oki Hermawan menjelaskan bahwa terdapat 3 titik rawan macet dan 8 titik rawan kecelakaan.

Rawan macet berada di Jalan Desa Pakumpayan Angkinang, Jalan Pangeran Antasari Kandangan dan Jalan Al-Falah Kandangan.

Sedangkan rawan kecelakaan di Jalan A Yani Km 11 Desa Bamban Angkinang, Jalan A Yani Km 3,5 Desa Gambah Luar Kandangan, Jalan Bukhari Desa Sungai Paring Kandangan, Jalan By Pass Teluk Pinang Desa Baluti Kandangan.

Kemudian di Jalan By Pass Kelurahan Jambu Hilir Kandangan, Jalan H M Yusi Kandangan, Jalan Jendral Sudirman Desa Hamalau Sungai Raya, Jalan Kandangan-Nagara Desa Sungai Kupang Kandangan.

"Tambahan, para pemudik waspada jika melintas jalur alternatif Kalumpang-Margasari Rantau dan jalan di Loksado yang sedang dalam perbaikan," ucap Iptu Oki Hermawan, Selasa (18/4).

Selain itu, Polres HSS mulai menggelar Operasi Ketupat Intan 2023 ditandai dengan dibangun Posko Terpadu di Lapangan MTQ Kandangan, dan Posko Pengamanan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado.

Operasi Ketupat Intan 2023 melibatkan 128 orang terdiri dari personel Polres HSS, Kodim 1003/HSS, Subdenpom VI/ 2-1 Kandangan, Satpol PP dan Damkar HSS, Dinas Perhubungan HSS, Dinas Kesehatan HSS serta organisasi kemasyarakatan.

"Kami juga telah memasang sejumlah rambu pada titik-titik rawan kecelakaan," terangnya. 

Ia melanjutkan arus mudik dan balik Idulfitri 1444 H diperkirakan mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami menerima informasi bahwa tahun ini ada peningkatan sebesar 44 persen karena pemerintah telah menyatakan boleh mudik pulang kampung," lanjutnya.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pemudik diharapkan memeriksa kondisi kendaraan bermotornya.

"Pastikan juga kondisi kesehatan dalam keadaan fit, patuhi arahan dari petugas yang telah berjaga di lapangan," pungkasnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner