Tak Berkategori

Mengukur Pelaksanaan Pemilu Lewat Simulasi

apahabar.com, BANJARMASIN – Untuk mengukur pemungutan suara hingga perhitungan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menggelar…

Featured-Image
Berkoordinasi dengan pihak terkait saat simulasi Pemilu. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Untuk mengukur pemungutan suara hingga perhitungan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menggelar simulasi Pemilu 2019.

Pihak terkait mensimulasikan Pemilu mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00 Wita pada kegiatan yang berlangsung di halaman Stadion 17 Mei Banjarmasin, Selasa (9/4/2019).

Baca Juga:Distribusi Logistik Pemilu, Tinggal Menunggu Suara Suara Pengganti

“Hari ini kita melakukan simulasi mudah-mudahan simulasi ini bisa merepresentasikan kejadian pemungutan suara sesungguhnya di TPS,” kata Komisioner KPU Banjarmasin, Gusti Makmur kepada awak media.

Simulasi tersebut menggambarkan serta diperagakan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 260 orang.

Gusti menerangkan simulasi ini dibuat seperti nyata, terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, dan saksi.

Bahkan tata mencoblos seperti pendaftaran, mengambil surat suara, kemudian memasukkan surat suara tersebut ke kotak suara untuk pilpres maupun pileg dilakukan seperti sebenarnya.

Setelah mencoblos, semua warga mencelupkan jarinya ke tinta berwarna ungu.

“Jadi dari sana, kita mengetahui seberapa lama untuk Penghitungan suara di TPS dan kendala apa saja yang di hadapi dalam simulasi ini,” terangnya.

Simulasi, kata Gusti juga bertujuan saat hari H tanggal 17 April nanti pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan tanpa adanya hambatan di 1879 TPS.

Pada tempat yang sama, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Drs Sumarto mengatakan dalam simulasi ini pihaknya melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan protap yang ada.

“Tentu simulasi ini memberikan jaminan, khususnya KPU untuk bisa melaksanakan pemilu damai dengan pengawasan dari Bawaslu juga,” ucapnya.

Terkait pengamanan saat hari H, Sumarto bakal mengerahkan 567 personil gabungan dari Polri dan TNI yang diarahkan ke 1879 TPS di kota Banjarmasin.

Baca Juga:Kawal TPS Pemilu 2019, GP Ansor Kalsel Jamin Tak Terjadi Gesekan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner