Pemkot Banjarmasin

Mengukur Kualitas Pejabat, BKD Kota Banjarmasin Gelar Uji Kompetensi

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Banjarmasin menggelar assesmen uji kompetisi untuk sejumlah pejabat eselon III, Kamis (27/10).

Featured-Image
Puluhan pejabat eselon III Pemkot Banjarmasin mengikuti uji kompetensi. Foto: apahabar.com/Riyad.

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Banjarmasin menggelar assesmen uji kompetisi untuk sejumlah pejabat eselon III, Kamis (27/10).

Bakal berlangsung selama dua hari, kegiatan yang diikuti oleh pejabat eselon III Pemkot Banjarmasin itu digelar di Hotel Aria Barito.

Kepala BKD dan Diklat Banjarmasin, Totok Agus Daryanto menjelaskan, tahun ini pihaknya menargetkan ada sebanyak 90 pejabat eselon III yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Tapi tadi, tidak sampai 90 peserta. Ada beberapa yang tidak bisa berhadir karena sedang ada kegiatan di luar daerah. Tapi masih bisa menyusul di lain hari," ujarnya.

Totok bilang, kegiatan ini penting dilakukan untuk mengukur potensi dan skill pejabat terkait. Atau istilahnya manajemen talenta.

"Karena kita sendiri punya peraturan wali kota (Perwali) untuk menajemen talenta. Lalu, ada pula perwali yang menjelaskan tentang pola karir. Selama ini, sekitar lima hingga enam tahun, itu tak pernah dilakukan," jelasnya.

Lantas apakah hasil asesmen bisa menjadi pertimbangan pejabat yang bersangkutan untuk merotasi posisi pejabat hingga mengisi beberapa jabatan di SKPD yang kosong?

Totok mengatakan itu tergantung hasilnya ke depan. Yang lebih utama sementara ini, menurutnya dari hasil asesmen pihaknya bisa mengetahui dan bisa memetakan pejabat yang bersangkutan dapat diletakkan di mana.

"Bisa diklasifikasikan nantinya. Lalu, tergantung pimpinan nantinya meletakkan di mana. Tapi paling tidak, hasil asesmen ini bisa menjadi salah satu pertimbangan," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner