Olahan Pohon Pisang

Mengubah Limbah Pohon Pisang Jadi Sumber Makanan dan Rezeki

Warga Kecamatan Kembang Janggut, Kabupaten Kutai Kartanegara berhasil mengubah limbah pohon pisang jadi makanan bergizi dan sumber rezeki.

Featured-Image
Inovasi warga Kembang Janggut, olah limbah pohon Pisang jadi Dodol dan Keripik. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG - Pohon pisang dapat diolah menjadi produk berkualitas yang bisa merambah pasar dan menambah pemasukan bagi keluarga. Masyarakat Kecamatan Kembang Janggut, Kabupaten Kutai Kartanegara melakukannya.

Kepala Bidang Pendayagunaan Sarpras, SDA dan TTG DPMD Kukar, Atih Hayati bersama masyarakat Kembang Jangut berinovasi dengan mengolah limbah pohon pisang menjadi Dodol Kulit Pisang dan Keripik Gedebong Pisang.

Baca Juga: Kontrol Mutu Tandan Buah Sawit, Disbun Kukar Terbitkan STDB

Masyarakat dibekali dengan pelatihan yang melibatkan para ibu rumah tangga,. Mereka adalah Kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kelompok Wanita Tani (KWT), maupun pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun masyarakat.

Menurut Atih, limbah pisang tidak hanya bisa menjadi Dodol Kulit pisang. Masih banyak yang bisa dikembangkan dari pohon pisang berupa ragam olahan menjadi  produk unggulan Desa dan Kecamatan.

“Awalnya kami memberikan pelatihan–pelatihan dan sekarang kami tengah membantu untuk proses perizinan, semoga semua dimudahkan sehingga ini bisa menjadi sumber tambahan bagi desa dan khususnya bagi keluarga,” ungkap Atih, Minggu (5/11).

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Ia berharap dengan pelatihan dan pendampingan, ke depan banyak inovasi–inovasi pengembangan limbah makanan menjadi makanan berkualitas yang bergizi dan memiliki nilai jual tinggi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kutai Kartanegara memiliki banyak potensi untuk dikembangkan tinggal bagaimana kejelian kita memanfaat potensi tersebut,” tandasnya. (ADV/Diskominfo kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner