Fakta Unik

Menggoyang Lidah! Ini 5 Fakta Menggiurkan dari Rumah Makan Padang

Di balik cita rasanya yang menggoyang lidah banyak orang, terdapat beberapa fakta unik mengenai rumah makan Padang

Featured-Image
Rumah Makan Padang (Foto: BlogUnik)

bakabar.com, JAKARTA - Rumah makan padang adalah tempat makan favorit masyarakat Indonesia. Dengan aneka sajian kuliner yang sarat bumbu yang kaya akan bahan khas nusantara, menjadikannya deretan makananan yang tersedia cocok di lidah nusantara.

Makanan yang berasal dari Minangkabau ini biasanya diolah menggunakan santan, namun bukan santan instan melainkan santan asli dari parutan kelapa yang menjadikan makanan menjadi lebih enak dan gurih.

Namun di balik cita rasanya yang menggoyang lidah, terdapat beberapa fakta unik mengenai rumah makan Padang yang menarik untuk dibahas. Berikut ulasannya

1. Porsi Nasi Padang lebih banyak jika dibungkus

Pecinta Nasi Padang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah porsi nasi padang lebih banyak jika dibungkus dibandingkan makan di tempat.

Ternyata hal tersebut terjadi ketika pada masa kolonial, menyantap Nasi Padang dalam restoran merupakan aktivitas yang cukup mewah dan hanya bisa dilakukan oleh kaum elite saja.

Baca Juga: Utamakan Kualitas, Bisnis F&B Tidak Bisa Bertahan dengan Modal Viral

Berbeda dengan Nasi Padang yang dibungkus, biasanya ditujukan kepada kaum buruh atau mereka yang termasuk kelas ekonomi bawah.

2. Di Sumatra Barat, tak ada 'Rumah Makan Padang'

Rumah makan padang banyak dijumpai di berbagai daerah khususnya Indonesia. Namun, Anda tidak dapat menemukan rumah makan Padang di kota aslinya.

Penduduk Sumatra Barat tidak lagi menggunakan papan nama 'Rumah Makan Padang' pada etalase rumahnya.

3. Selalu ada daun singkong dan sayur nangka dalam Nasi Padang

Kebanyakan rumah makan Padang menyediakan daun singkong rebus dan sayur nangka untuk menyempurnakan sajian Nasi Padang. Namun, kebiasaan tersebut tidak berlaku di Sumatra Barat.

Di kota asalnya, sayur yang digunakan adalah gulai kol, yang terdiri dari lembaran daun kol berpotongan besar dengan kuah kuning pekat yang kental dan gurih.

Baca Juga: Daftar Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Usus

4. Foto kakek di rumah makan padang

Seorang kakek berkopiah hitam yang sedikit miring ke kanan, berjenggot agak panjang serta mengenakan kain sarung kotak-kotak yang dikalungkan di leher adalah Ungku Saliah.

Bernama asli Syech Kiramatullah Ungku Saliah yang konon semasa hidupnya diberikan kekuatan khusus untuk menyembuhkan penyakit. Adanya foto Ungku Saliah dipercaya dapat mendatangkan rezeki.

5. Identik dengan kesuksesan para perantau

Sudah tidak terhitung lagi keberadaan Rumah Makan Padang di Indonesia. Anda dapat menemukannya dengan mudah di berbagai kota. Mulai dari lokasinya yang sederhana hingga mewah.

Kesuksesan dari Rumah Makan Padang itu sendiri tak bisa lepas dari sifat masyarakat Padang yang dikenal sebagai perantau sehingga usaha rumah makan padang menjadi tersebar.

Editor


Komentar
Banner
Banner