Fakta Unik

Pesona Uang Kuno, Koleksi atau Jual?

Sebagian orang punya ketertarikan dengan uang kuno, mereka pun bersedia untuk membeli dengan harga tinggi.

Featured-Image
Uang kuno banyak diburu kolektor

bakabar.com, JAKARTA -  Uang kuno memang sudah tidak bisa digunakan sebagai alat transaksi, dan secara nominal juga sudah tidak ada jika terlampau lama.

Namun bukan berarti keberadaan uang kuno menjadi tidak berharga, karena untuk sebagian orang yang memang memiliki ketertarikan dengan uang lama ini, mereka pun bersedia untuk membeli dengan harga tinggi terlebih jika keberadaanya cukup langka.

Lalu apa betul untuk bisa menjual uang kuno hanya bisa kepada kolektor, dan bagiamana standar yang dibutuhkan agar uang kuno yang dimiliki bisa segera dijual.

Standar Kondisi Uang Kuno

Terdapat beberapa kriteria dalam menentukan harga dari uang kuno. Melansir dari ajaib.co.id berikut kriteria dari uang kuno yang bisa untuk dijual kembali seperti:

1. Fair

Uang kuno yang termasuk dalam kategori ini kondisinya sudah sangat buruk, dalam uang kuno ini bisa ditemukan coretan, bagian uang juga ada yang hilang sampai terdapat kotoran dan lainnya.

Baca Juga: Menata Kembali Masa Depan dari Balik Jeruji Besi

2. Fine

Uang dalam kategori ini berarti kondisinya tidak mulus, terdapat banyak kerutan dan warna yang terlihat sudah mulai memudar.

3. Uncirculated

Kondisi uang dalam kategori ini adalah yang paling baik, karena belum pernah diedarkan apalagi dipakai. Kondisinya sangat mulus dan terlihat seperti baru sehingga harga uang kuno bisa menjadi sangat mahal.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner