kesehatan

Daftar Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Usus

Kandungan bakteri baik bisa didapat dengan mengkonsumsi makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan usus Anda.

Featured-Image
Daftar Makanan Fermentasi (Foto: Paprika Living)

bakabar.com, JAKARTA - Kandungan gizi yang ada di dalam makanan fermentasi dikenal mampu untuk meningkatkan produksi bakteri baik yang ada di dalam usus. Bakteri baik berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan.

Kandungan bakteri baik bisa didapat dengan mengkonsumsi makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan usus Anda.

Karena memiliki usus yang sehat dapat dikaitkan dengan peningkatan kondisi kesehatan dari penyakit jantung, maka dari itu mengonsumsi makanan fermentasi secara teratur dapat berperan penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Berikut beberapa makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan usus:

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman fermentasi yang berasal dari susu dan memiliki peranan penting untuk menjaga pencernaan tubuh agar tetap lancar.

Dalam satu cangkir yogurt, terdapat kandungan miliaran probiotik yang bermanfaat untuk sistem pencernaan tubuh.

Baca Juga: Kanye West Dicoret dari Daftar Orang Terkaya Gegara Anti-Semit, Apa Itu?

Beberapa nutrisi yang ada di dalam yogurt diantaranya kalsium, fosfor, kalium, vitamin B2 serta vitamin B12.

2. Tempe

Tempe adalah salah satu makanan yang baik untuk pencernaan. Pasalnya, makanan ini terbuat dari kedelai dengan proses fermentasi yang kaya akan probiotik.

Kandungan tersebut mampu untuk meningkatkan proses produksi bakteri alami yang baik untuk kesehatan usus.

3. Kimchi

Kimchi merupakan makanan yang berasal dari fermentasi lobak atau kubis. Makanan asal Korea ini juga bagus untuk pencernaan di dalam tubuh Anda. Selain itu, Kimchi juga berfungsi untuk mengurangi kolestrol darah serta resistensi insulin.

Baca Juga: Jadi Pusat Muslim Korea Selatan, Begini Sejarah Itaewon yang Tewaskan Ratusan Orang

4. Kefir

Kefir merupakan jenis minuman yang memiliki rasa seperti yogurt. Minuman ini dapat dibuat dengan susu atau alternatif lain seperti susu almond atau santan. Kefir juga diyakini memiliki lebih banyak prebiotik dan protein dibandingkan yogurt.

5. Natto

Natto merupakan makanan hasil fermentasi kedelai yang berasal dari Jepang. Meski terdengar asing, namun Natto sangat populer di Jepang. Memiliki aroma yang menyengat dan berwarna cokelat menjadikan natto memiliki keunikan tersendiri.

Di Jepang, natto terkenal sebagai salah satu makanan yang sehat karena mengandung banyak vitamin K, protein kedelai dan serat makanan.

Selain itu makanan bertekstur lengket ini mengandung probiotik yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama usus untuk melawan racun dan bakteri berbahaya.

Para peneliti menjelaskan bahwa bakteri probiotik dapat membantu mengurangi gas, sembelit, diare dan kembung, serta gejala radang usus.

Editor


Komentar
Banner
Banner