Tokoh Inspiratif

Mengenal Komjen Dofiri, Algojo Pemecat Sambo yang Jago Ngaji

TERLAHIR di Indramayu, 56 tahun silam, profil Komjen Ahmad Dofiri mengukir sejarah cemerlang dalam etape karirnya.

Featured-Image
Kabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri. Foto: Antara

TERLAHIR di Indramayu, 56 tahun silam, profil Komjen Ahmad Dofiri mengukir sejarah cemerlang dalam etape karirnya.

Sosoknya mencuat setelah memimpin sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) terhadap Irjen pecatan Ferdy Sambo, Agustus silam.

Teranyar, namanya melambung hingga digadang-gadang menjadi calon kuat menduduki tampuk kursi orang nomor satu di Korps Bhayangkara. 

Baca Juga: Potret Algojo Pemecat Sambo Miliki Kans Jabat Wakapolri!

Sejatinya, karier gemilang Ahmad Dofiri sudah dimulai sejak bergabung dengan Akademi Kepolisian. Kala itu ia menjadi lulusan terbaik dengan meraih penghargaan Adhi Makayasa pada tahun 1989.

Selama kariernya di Polri, Ahmad Dofiri telah menjabat berbagai posisi penting nan strtaegis. Pada Februari 2023, ia pun dilantik menjadi inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri.

Jalan Panjang Meraih Bintang

Ahmad Dofiri
Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri. Foto: Antara

Bermula dari lulus Akpol dan mengawal tugas di 1990, saat itu Ahmad Dofiri menjabat Resintel Polsekta Tangerang, yang dilanjutkan menjadi Kasubbag Jabamentil Bagian SDM Polri pada 2005.

Selanjutnya pada 2007, ia menjabat Kapolres Bandung selama dua tahun. Kemudian beralih ke jabatan berikutnya sebagai Wakapolwiltabes Bandung pada 2009. Masih di tahun yang sama, jabatannya pun naik menjadi Kapoltabes Jogjakarta.

Baca Juga: Mutasi Pati Polri: Ahmad Dofiri Jabat Irwasum hingga Sandi Nugroho Kadiv Humas

Kariernya kian gemilang usai menjabat Koorspripim Polri pada 2010. Yang dilanjutkan menjadi Wakapolda Jogjakarta pada 2013. Sempat menjabat Karobinkar SSDM Polri pada 2014, Dofiri lalu menjadi Kapolda Banten pada 2016. 

Selang tidak berapa lama, Ahmad Dofiri dipercaya menjabat Kapolda Jogjakarta. Pada 2019 dia ditarik ke Mabes Polri untuk menjadi asisten Kapolri bidang logistik (aslog). Selanjutnya, pada 2020, dia kembali diterjunkan ke daerah menjadi Kapolda Jawa Barat.

Baca Juga: Jadwal Sidang Sambo Cs Hari Ini: Vonis Bharada E

Sejak 2021, sosok tegas nan karismatik ini resmi berpangkat jenderal bintang tiga dengan jabatan kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Mahir Membaca Kitab Kuning

Komjen Pol Ahmad Dofiri saat mengisi sambutan di Apel Akbar Kader NU di Depok, Minggu 29 Januari 2023. Foto: Koma.id.
Komjen Pol Ahmad Dofiri saat mengisi sambutan di Apel Akbar Kader NU di Depok, Minggu 29 Januari 2023. Foto: Koma.id.

Fakta menarik dari sosok Komjen Ahmad Dofiri adalah kemampuannya membaca kitab kuning. Tepatnya di pengujung Januari lalu, figurnya menjadi sorotan publik usai berpidato mewakili Kapolri dalam peringatan Seabad Nahdlatul Ulama.

Saat berpidato di hadapan ribuan jemaah, Dofiri sempat membaca kitab kuning dalam aksen khas Indramayu.

Hobi Olahraga dan Bersepeda

Komjend Ahmad Dofiri bersama istri dalam event olahraga maraton. Foto: Jogjapolri.go.id.
Komjend Ahmad Dofiri bersama istri dalam event olahraga maraton. Foto: Jogjapolri.go.id.

Di balik seragam dan karismanya, suami dari Diana Wahyuni ini juga selalu menyempatkan waktu luang untuk menyalurkan hobi-hobinya.

Salah satu hobi yang digemari oleh pria kelahiran 4 Juni ini adalah olahraga. Bahkan tak jarang ia bersama sang istri melakukan hobi olahraga bersama. Tentu saja, kegiatan positif itu dilakukan demi menjaga kondisi fisiknya tetap prima. Beberapa olahraga yang sering dilakukan oleh adalah gym dan bersepeda.

Itulah sekelumit profil Komjen Ahmad Dofiri, sosok calon Kapolri dengan track record yang menginspirasi.

Editor


Komentar
Banner
Banner