LIFESTYLE

Mengenal Kategori Kepribadian: Alfa, Gamma, Beta, dan Sigma

Selain introvert dan ekstrovert, rupanya ada pula kepribadian berjenis Alfa, Gamma, Beta, dan Sigma

Featured-Image
Ilustrasi kepribadian manusia. Foto: Yoursay.

bakabar.com, JAKARTA - Berbicara tentang kepribadian, barangkali Anda langsung teringat dengan introvert dan ekstrovert. Namun, siapa sangka, rupanya ada pula kepribadian berjenis Alfa, Gamma, Beta, dan Sigma.

Itu adalah tipe kepribadian berdasarkan abjad Yunani yang sebenarnya dirancang sebagai studi untuk mengenal hewan. Lebih tepatnya, mengetahui bagaimana binatang bersosialisasi dengan satu sama lain.

Meski begitu, Alfa, Gamma, Beta, dan Sigma juga bisa dimaknai dalam kepribadian manusia. Masing-masing tipe pun menunjukkan kecenderungan berperilaku yang berbeda. Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Kepribadian Alfa

Orang dengan kepribadian Alfa memiliki sifat kepemimpinan yang tinggi. Tipe ini juga punya tingkat kepercayaan diri yang tinggi dalam bertindak dan menjalani hidupnya. 

Mereka yang punya kepribadian Alfa bersikap ramah ketika berinteraksi dengan orang lain, termasuk mampu berbicara dengan baik. Mereka dikenal sebagai sosok karismatik, dengan bertindak dan berbicara sesuai apa yang mereka inginkan. 

Kepribadian alfa juga cenderung cermat dan teliti, sehingga seringkali mereka mencatat apa yang sudah dia lakukan sebelumnya. Ini untuk memastikan yang dilakukannya sudah benar atau belum.

Kepribadian Gamma

Orang dengan kepribadian Gamma mempunyai rasa penasaran yang tinggi dan tidak bergantung kepada orang lain. Itulah sebabnya, dia lebih suka mencoba hal baru dan menciptakan jalan atau caranya sendiri. 

Dari rasa penasaran itu, seorang Gamma cenderung terlihat bersemangat untuk mendapatkan hal-hal baru dalam hidup, termasuk kasih sayang dari orang lain. Mereka juga lebih menyadari tindakannya daripada kepribadian lainnya. 

Selain itu, gamma juga mempunyai sikap empati yang tinggi dengan orang lain. Mereka dapat dengan mudah memahami apa yang dialami orang lain dan mengetahui bagaimana sebaiknya mereka mendukung atau membantu.

Kepribadian Beta

Orang dengan kepribadian Beta mempunyai sifat yang sangat ramah dan saling menghargai satu sama lain. Mereka ingin bersikap ramah kepada siapa pun, termasuk yang baru dikenal. 

Di sisi lain, seorang Beta juga mempunyai sifat yang pendiam. Mereka sebenarnya sedang mengamati lingkungan sekitarnya untuk menyesuaikan dirinya. Karena sifat yang pendiam tersebut, mereka cenderung untuk menghindari interaksi sosial. 

Beta terlihat pemalu dan tidak banyak berpendapat, sehingga mereka cenderung menuruti apa yang lawan bicaranya inginkan. Sifat penurut itu membuat sosok Beta dipandang sebagai orang yang setia atau loyal kepada sesama.

Kepribadian Sigma

Orang dengan kepribadian Sigma cenderung mempunyai cara licik untuk mengintimidasi orang lain agar mereka bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan mudah. Sebab itulah, mereka cenderung tidak bersosialisasi sesuai aturan. 

Kendati demikian, seorang Sigma dipandang sebagai sosok yang menyenangkan dan mudah menarik perhatian. Mereka cenderung lebih suka mempertimbangkan sebelum melakukan sesuatu. 

Itulah beberapa tipe kepribadian berdasarkan abjad Yunani. Anda termasuk yang mana?

Editor


Komentar
Banner
Banner