LIFESTYLE

Kepribadian & Aroma, 3 Trik Memilih Parfum Cerminan Jiwa

Bagi beberapa orang bau badan bisa menyebabkan tidak percaya diri. Hasilnya penggunaan parfum tubuh kerap jadi andalan.

Featured-Image
Ilustrasi memilih parfum yang sesuai dengan kepribadian. Foto: IDN.

bakabar.com, JAKARTA - Aroma tubuh dengan wangi yang sesuai bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Untuk itu penggunaan parfum pun kerap jadi andalan.

Namun, perlu diketahui juga, ada beberapa jenis parfum berdasarkan tingkat konsentrasi yang mempengaruhi ketahanan aromanya.

Kategori konsentrasi parfum ini umumnya dibagi menjadi tiga yaitu Eau de Cologne (EDC) dengan tingkat 2-5%, Eau de Toilette (EDT) dengan tingkat 5 -15%, dan Eau de Perfume (EDP) dengan tingkat 15 - 20%.

Sayangnya tidak banyak orang yang tahu cara memilih parfum sesuai kepribadian dan aktivitas yang tepat.

Merangkum beragam sumber, berikut ini kiat-kiat  saat memilih parfum:

1. Parfum Citrus untuk Aktivitas Padat

Untuk beraktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja, sebaiknya memilih parfum dengan aroma yang menyegarkan seperti citrus untuk meningkatkan energi dan mood serta memberikan nuansa yang ceria.

Jika ingin menambah kesan feminin, juga bisa menggunakan parfum citrus yang dikombinasikan dengan notes floral yang ringan.

2. Parfum Gourmand untuk Kesan Malam

Untuk meninggalkan kesan yang feminin, manis, dan memorable bisa menggunakan parfum dengan wangi gourmand, yaitu wangi yang berasal dari makanan seperti vanilla, caramel, cokelat, dan sebagainya.

Tidak hanya aromanya yang memikat dan lezat bak makanan penutup, parfum gourmand juga cenderung memiliki sillage, projection, dan longevity (SPL) yang lebih kuat, sehingga wangimu pun akan lebih tahan lama.

Menariknya, aroma ini juga dapat tercium dari jarak jauh, dan masih meninggalkan jejak bahkan setelah meninggalkan ruangan.

3. Wangi Floral dan Woody untuk Tampil Memukau

Ketika menghadiri acara formal dan resmi, tentunya kita ingin memberikan impresi terbaik dengan menciptakan persona yang elegan dan anggun.

Untuk itu bisa memilih parfum dengan notes floral yang klasik seperti lily of the valley, jasmine, dan rose.

Jika merasa wangi floral terlalu biasa, bisa juga bisa bereksperimen menggunakan teknik layering, yaitu menggabungkan dua parfum berbeda untuk menciptakan wangi yang baru, guna membuat signature scent yang khas dan tidak pasaran.

Tidak ada aturan tetap dalam melakukan layering parfum, sebaiknya mencampur dua parfum dengan wangi berbeda seperti floral dan woody untuk mendapatkan aroma yang benar-benar baru dan unik.

Editor


Komentar
Banner
Banner