SEA Games 2023

Mengenal Dina Aulia, Primadona Tercepat asal Desa Banua Hanyar di SEA Games 2023

Seiring bertambahnya usia, prestasi Dina Aulia semakin tak terbendung. Agustus 2022, ia menjadi yang pertama finish di Estadio Olampico Pascual Guerrero.

Featured-Image
Sprinter nasional asal Desa Banua Hanyar, Dina Aulia menjadi wakil Indonesia di SEA Games 2023. (Foto: Instagram @dinaaulia_3)

bakabar.com, JAKARTA - Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 telah rampung dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Selasa (2/5).

Sejumlah atlet, pelatih, ofisial tim dan tenaga pendukung keolahragaan menjadi bagian untuk mewakili Indonesia di ajang kompetisi terbesar se-Asia Tenggara ke-32 yang rencananya akan berlangsung dalam waktu dekat.

Menpora Dito menegaskan bahwa pihaknya mengirim atlet terbaik di SEA Games tahun ini. Dengan serangkaian seleksi ketat, termasuk track record prestasi hingga sport analysis, para atlet diharapkan bisa mengharumkan Indonesia di Kamboja.

Ungkapan demikian, menurutnya bukan hanya sekadar bualan belaka. Dari sederet daftar atlet kontingen Indonesia, nama Dina Aulia muncul sebagai primadona.

Baca Juga: Pergi ke Arab Saudi Tanpa Izin, Lionel Messi Dilarang Main PSG

Gadis berusia 21 tahun itu merupakan atlet lari nasional yang berasal dari Desa Banua Hanyar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Sejak usia muda, Dina sudah menyabet sederet prestasi. Di 2017 silam, Dina muda sudah menyabet tiga medali emas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel ke-X.

Gelar juara itu ia raih dari tiga kelas cabang atletik, yaitu lari kelas 200 meter putri, estafet 4x100 meter dan 4x400 meter.

Setahun kemudian, Dina kembali mencuri perhatian. Adik dari Mujalipah yang juga merupakan sprinter nasional itu lagi mengumpulkan trofi juara dari tiga kompetisi berbeda.

Baca Juga: FIFA Kesal Harga Hak Siar Piala Dunia Putri Terlalu Murah

Dina menjadi juara ketiga di Surabaya pada ajang Piala Panglima TNI, lalu juara kedua di Jakarta Open, serta peringkat ketiga Kejurnas antar PLPP di Gorontalo.

Prestasi itu pun membuat Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan, Jakarta kepincut. Sejak mendapat beasiswa dan pembinaan di SKO Ragunan, karir Dina semakin melesat.

Selain meraih medali emas di Kejurnas Antar PLPP di Bangka Belitung dan Popnas Jakarta pada 2019, Dina mulai mengibarkan namanya ke luar negara.

Ia menjadi juara dan berhak atas medali emas di ajang The 22nd Thailand Sport School Games (TSSG) 2019 Khon Kaen Games di Bangkok.

Dina Aulia memecahkan rekor dunia. Baca selengkapnya di halaman berikut:

HALAMAN
12
Editor
Komentar
Banner
Banner