Wisata Tahun Baru

Menelusuri Lorong Bawah Laut 'Sea World' di Momen Pergantian Tahun

Denting waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB. Andi (35) bergegas memboyong istri serta dua buah hatinya ke sebuah tempat berjarak 50-an kilometer.

Featured-Image
Suasana ramai pengunjung di kawasan Sea World, Ancol. Foto: apahabar.com/Nurisma.

bakabar.com, JAKARTA - Denting waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB. Andi (35) bergegas memboyong istri serta dua buah hatinya ke sebuah tempat berjarak 50-an kilometer dari kediaman mereka.

Sekira satu jam menempuh ruas jalan ibu kota, mereka akhirnya tiba di destinasi tujuan: Sea World, Ancol, Jakarta Utara.

Ini bukan kali pertama keluarga kecil itu menjelajahi lorong bawah air nan kaya biota laut. Andi mengaku, mereka rutin berlibur ke Sea World jelang pergantian tahun.

"Enggak bosan (tiap tahun ke sini -red). Karena suasananya seperti kita menyelami dunia bawah laut," ujarnya kepada bakabar.com, Sabtu (31/12).

Pria berkaus abu-abu itu menilai, liburan ke Sea World tak sekadar memanjakan mata. Tetapi, sekaligus juga menjadi sarana edukasi bagi kedua putranya.

Salah satu sudut kawasan Sea World, Ancol. Foto: bakabar.com/Nurisma.
Salah satu sudut kawasan Sea World, Ancol. Foto: bakabar.com/Nurisma.

Berbanding 180 derajat dengan Andi yang sudah berulang kali ke sini, Hana (25), mengaku baru pertama kali menjejaki kaki di akuarium raksasa andalan Ancol ini.

Bersama dua orang temannya, wanita berhijab itu berangkat dari Bogor dengan menumpangi kereta. Lebih dari dua jam lamanya Hana menjadi 'sarden kalengan' di dalam moda transportasi itu.

Kendati begitu, dia mengaku, penat yang demikian seolah terbayarkan setibanya di Sea World. Hana terpukau dengan ratusan biota laut yang memadati lorong bawah air itu.

"Keren, rasanya seperti benar-benar jadi bagian dari dunia bawah laut," ungkapnya dengan mata berbinar.

Andi dan Hana hanyalah segelintir contoh dari ratusan kepala yang menelusuri Sea World di pengujung 2022 ini. Sayangnya, khusus menjelang pergantian tahun, waktu mereka menikmati pemandangan bawah laut dibatasi sampai pukul 15.00 WIB – dari yang normalnya hingga pukul 16.30 WIB.

Spot Khusus Nataru

Bukan cuma waktu operasionalnya yang berubah, Sea World turut menghadirkan sejumlah atraksi khusus jelang tahun baru. Salah satunya, bertemakan Natal dengan tajuk Santa Divers. 

Dalam aksi tersebut, penyelam yang biasa memberi makan ikan di dalam akuarium, bakal mengenakan kostum Santa. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat Xmast Aquarium.

Sebuah akuarium dengan hiasan bertema Natal itu bisa menjadi spot foto andalan para pengunjung. Adapun hal menarik lainnya di Sea World, ialah Magic (Sketch) Aquarium.

Spot demikian, utamanya, dikhususkan bagi anak-anak. Mereka bisa mewarnai sejumlah temple ikan, di mana nantinya bisa di-scan dan hasilnya ditayangkan di proyektor.

Deretan spot tersebut dapat dinikmati pengunjung selama kurang lebih dua pekan. Tepatnya, mulai 24 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023.

Rumahnya Ribuan Biota Laut

Sea World sendiri merupakan sebuah destinasi liburan bertema bawah laut. Tempat ini memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan dan satu jenis reptil.

Selain itu, terdapat pula ribuan biota perairan laut. Rinciannya, 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata, serta tiga jenis reptil.

Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display. Puluhan display itu lantas terbagi lagi menjadi sembilan akuarium perairan tawar, 19 akuarium, serta empat kolam terbuka.

Bagian dalam Sea World
Bagian dalam Sea World

Setiap tampilan akuarium atau wahana itu pun memiliki tema khusus. Tujuannya, untuk memberikan nuansa tersendiri dalam pesan yang disampaikan.

Akuarium tersebut juga dilengkapi dengan label berisi informasi mengenai biota itu sendiri, baik secara biologis maupun keunikannya.

Jadi, apakah Anda tertarik mengunjungi destinasi ini untuk mengisi liburan tahun baru?

Editor


Komentar
Banner
Banner