Sport

Menang Dramatis Atas Persebaya, Borneo FC Lolos ke Championship Series Liga 1

Dalam pertandingan dramatis di Stadion Batakan, Kamis (7/3) malam, Borneo FC mengalahkan Persebaya Surabaya untuk menjadi klub pertama yang lolos ke championshi

Featured-Image
Ditinggal Wiljan Pluim yang cedera di akhir babak pertama, Borneo FC mengalahkan Persebaya Surabaya di Stadion Batakan, Kamis (7/3). Foto: Borneo FC Official

bakabar.com, BALIKPAPAN - Dalam pertandingan dramatis di Stadion Batakan, Kamis (7/3) malam, Borneo FC mengalahkan Persebaya Surabaya untuk menjadi klub pertama yang lolos ke championship series Liga 1 musim 2022/2023.

Borneo yang bertindak sebagai tuan rumah, tampil cukup percaya diri. Umpan pendek berjalan mulus sejak awal babak pertama.

Adam Alis nyaris membuka skor, seandainya kiper Andhika Ramadhani gagal mengantisipasi sepakan gelandang Borneo tersebut.

Sedangkan Persebaya cenderung mengandalkan serangan balik. Strategi ini nyaris berhasil di pengujung babak pertama, ketika Bruno Moreira membikin kiper Nadeo Argawinata jatuh bangun.

Memasuki babak kedua, Borneo masih menguasai permainan. Situasi ini membuat penguasaan bola tuan rumah mencapai 76 persen.

Alih-alih mencetak gol, Borneo FC dikejutkan gol Persebaya yang dilesakkan pemain pengganti Toni Firmansyah di menit 85.

Berawal dari bola liar, Toni menahan bola dengan dada. Selanjutnya pemain 19 tahun ini melepas tendangan half volley dari luar kotak penalti.

Serangan Borneo baru membuahkan hasil menit 91+2. Kasim Botan membuat gol bunuh diri, setelah salah menyundul bola umpan terobosan lambung lawan.

Persebaya dalam kondisi tertekan, karena kehilangan Paolo Henrique yang mendapat kartu merah seusai menerima kartu kuning kedua.

Akhirnya Borneo FC berbalik unggul di menit 90+8. Ikhsan Nul Zikrak yang masuk di akhir babak pertama, sukses memanfaatkan kemelut di depan gawang Persebaya.

Kemenangan tersebut membuat Borneo FC memastikan satu tempat di championship series dengan 66 poin.

Torehan angka Pesut Etam tidak mungkin terkejar dengan klub lain di luar empat besar dengan sisa 6 pertandingan di regular series.

Editor
Komentar
Banner
Banner