Pemilu 2024

Menakar Cawapres yang Tepat untuk Anies di Pemilu 2024

Anies Baswedan membutuhkan sosok cawapres yang kuat secara elektabilitas untuk melawan Ganjar Pranowo di pilpres 2024.

Featured-Image
Kunjungan Anies Baswedan ke Ponpes Al-qodiri, Sabtu (6/5). (apahabar.com/ M Ulil Albab)

bakabar.com, JAKARTA - Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (capres) yang memiliki kans besar untuk menang dalam Pemilu 2024.

Menghadapi itu, diperlukan cawapres yang tepat bagi capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan untuk menghadapi Ganjar pada pesta politik yang akan berlangsung tahun depan.

"Untuk cawapres Anies sendiri bisa dari internal dan eksternal mengingat tim kecil dari koalisi perubahan sedang menimbangnya," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin kepada bakabar.com, Kamis (11/5).

Baca Juga: Pesimistis Anies Strategi Dongkrak Spirit Relawan di Pilpres 2024

Ia menjelaskan untuk saat ini baru ada lima nama cawapres yang akan disandingkan dengan Anies, termasuk Agus Harimurti Yudhoyono. Kemungkinan ada nama lain seiring berjalannya waktu.

"Untuk nama AHY sangat wajar karena ada di internal koalisi perubahan. Jika ada nama lain yang muncul dari eksternal (koalisi perubahan) juga wajar asalkan memiliki elektabilitas yang tinggi," imbuhnya.

Lebih lanjut, Komarudin menuturkan bahwa sudah ada batasan dan ukuran yang jelas bedasarkan lima poin persyaratan cawapres yang disebutkan Anies sebelumnya.

"Kita sudah bisa mengecek apakah elektabilitas AHY tinggi atau tidak, begitu juga dengan lima calon lainnya," tegasnya.

Baca Juga: Ganjar-Anies Kompak Gencarkan Safari Politik ke Pesantren di Jember

Komarudin mengaku saat ini belum ada nama pasti yang bakal bersanding dengan Anies termasuk AHY atau nama lainnya, karena penjejakan dalam politik masih sangat dinamis.

"Menurut saya, bisa AHY bisa yang lain, karena akan selalu dinamis. Kita belum bisa memprediksi karena waktunya masih lima bulan lagi," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner