Relax

Membelah dan Menautkan Provinsi, Inilah 5 Sungai Terpanjang di Indonesia

apahabar.com, JAKARTA- Sungai menjadi sumber air yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan hampir seluruh…

Featured-Image
Ilustrasi sungai terpanjang di Indonesia (Foto: freepik)

bakabar.com, JAKARTA- Sungai menjadi sumber air yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan hampir seluruh peradaban di dunia dimulai dari wilayah sungai.

Aliran airnya yang berukuran besar dan memanjang, mengalir terus menerus dari hulu ke hilir. Indonesia memiliki banyak sungai dengan berbagai karakteristik dan pola aliran.

Ratusan sungai yang ada di Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke. Beberapa sungai pun menjadi yang terpanjang ukurannya. Apa sajakah itu?

1. Sungai Kapuas

Sungai ini terletak di Kalimantan Barat yang alirannya berasal dari pegunungan Muller. Panjangnya mencapai 1.086 kilometer yang dijuliki sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

Sungai ini digunakan masyarakat sebagai jalur transportasi dan dijadikan obyek wisata menyusuri tepi sungai Kapuas. Di sepanjang aliran Kapuas, hidup sekurangnya dari 250 spesies air tawar termasuk ikan arwana.

2. Sungai Mahakam

Nama Mahakam berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu kata Maha dan Kama. Maha yang berarti tinggi atau besar, sedangkan kama artinya cinta. Jadi, Mahakam diartikan sebagai cinta yang sangat besar.

Sungai yang terletak di provinsi Kalimantan Timur ini memiliki panjang mencapai 920 kilometer. Digunakan sebagai sarana transportasi dan sumber air, ternyata sejak abad ke-4 M, sungai Mahakam dilintasi oleh pelaut dari mancanegara. Melalui jalur laut ini mereka melakukan perdagangan.

3. Sungai Musi

Sungai ini dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yang terletak di Sumatera Selatan dengan panjang mencapai 750 kilometer.

Keunikan dari sungai ini adalah alirannya yang membelah kota Palembang, sehingga dibangun Jembatan Ampera untuk menghubungkan kota tersebut. Hal ini menjadi daya Tarik wisatawan sehingga membuat Jembatan Ampera menjadi ikon kota Palembang.

4. Sungai Barito

Masih di Pulau Kalimantan yang memiliki beranekaragam sungai yang panjang, salah satunya Sungai Barito. Sungai ini memiliki panjang sekitar 890 kilometer yang melintasi Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Salah satu daya Tarik dari sungai ini adalah keberadaan Pasar Apung yang menjadi ikon kota Banjarmasin sehingga menjadi daya Tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

5. Sungai Batanghari

Sungai ini merupakan ikon dari kota Jambi yang mempunyai nilai sejarah dan menjadi kebanggaan masyarakat Jambi.

Potensi wisata yang besar menjadikan sungai Batanghari menjadi obyek wisata yang menarik para wisatawan. Terdapat beberapa spot menarik yang dapat dikunjungi pada sungai Batanghari seperti hilir sungai yang dapat digunakan untuk olahraga air karena memiliki arus yang menantang.

Sungai Batanghari dipercaya memiliki harta karun atau benda-benda bersejarah yang masih tersimpan pada dasar sungai tersebut. Diketahui, terdapat 100 titik harta karun yang merupakan peninggalan dari kebudayaan Melayu Jambi hingga Cina.

Itulah deretan sungai terpanjang yang ada di Indoensia dan menjadi kekayaan alam yang sangat berharga untuk terus kita jaga.

Komentar
Banner
Banner