Sasono Mulyo Rusak

Melihat Sasono Mulyo Keraton Solo, Tempat Tinggal Putera Mahkota

Ndalem Sasana Mulyo Keraton Solo yang nyaris ambruk berusia lebih dari 200 tahun. Dulunya, bangunan itu merupakan tempat tinggal putera Mahkota.

Featured-Image
Ndalem Sasana Mulya. Foto: apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Ndalem Sasana Mulyo Keraton Solo yang nyaris ambruk berusia lebih dari 200 tahun. Dulunya, bangunan itu merupakan tempat tinggal putera Mahkota. 

Bangunan itu telah berdiri sejak Pakubuwono IV. Saat itu, Gusti Hangabehi yang menjadi Pakubuwono VIII tinggal di gedung berbentuk joglo itu.

"Sekarang Hangabehi putra sinuwun Pakubuwono XIII juga tinggal disini," kata kerabat Keraton Kasunanan Solo, KPH Eddy Wirabhumi, Selasa (2/1).

Baca Juga: Nyaris Ambruk, Sasono Mulyo Keraton Solo Dipasangi Bambu

Kondisi atap sasana mulyo
Kondisi atap sasana mulyo yang disangga bambu. Foto: bakabar.com/Fernando

Selain itu, Pendopo Ndalem Sasono Mulyo juga sempat digunakan untuk pertemuan acara keluarga Keraton Kasunanan Solo. Misalnya acara pernikahan hingga persemayaman.

Kini, gedung tersebut nyaris ambruk hingga dipasangi sejumlah bilah bambu. Sebagian atapnya sengaja diturunkan untuk mengetahui tingkat kerusakan.

"Tidak hanya genteng yang lepas, tapi kayunya juga sudah miring," ucap Eddy.

Atap-atap
Atap-atap diturunkan di Ndalem Sasana Mulyo. Foto: bakabar.com/Fernando

Baca Juga: Gibran Terima Pangeran Mangkunegara X di Balaikota Solo

Eddy mengatakan bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan tim teknis untuk menghitung tingkat kerusakan. Dia juga berkonsultasi dengan Balai Pelestari Kebudayaan (BPK) wilayah X untuk rencana perbaikan ke depannya.

Editor


Komentar
Banner
Banner