Sidang Paripurna MPR-DPR

Megawati Hadiri Sidang Tahunan MPR-DPR

Mantan Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarno menghadiri Sidang Paripurna Tahunan MPR/DPR 2023.

Featured-Image
Megawati Soekarnoputri singgung sosok cawapres Ganjar Pranowo. Foto: apahabar.com/HanaaSeptiana

bakabar.com, JAKARTA - Mantan Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarno menghadiri Sidang Paripurna Tahunan MPR/DPR 2023.

Pantauan bakabar.com, di Gedung MPR-DPR, Rabu (16/8), Ketum PDI Perjuangan itu tiba tepat pada pukul 08.38 WIB mengenakan kebaya putih dan selendang merah-putih.

Sesampainya di Gedung Nusantara II, Ketum PDIP tak melontarkan sepatah katapun kepada awak media yang turut meliput agenda ini. Dirinya lantas langsung berlenggang masuk ke dalam ruang sidang Gedung Nusantara II.

Baca Juga: Digembosi Golkar-PAN, Megawati Perintahkan Kader Perkuat Akar Rumput

Beberapa akses atau pintu masuk menuju kompleks Parlemen juga diperketat dengan alat pendeteksi logam atau metal detector.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bersama Wapres Maruf Amin hadir pada sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPD dan DPR RI 2023 di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Jokowi-Maruf tampil berbeda dengan mengenakan pakaian adat di tengah para pejabat yang mengenakan jas.

Baca Juga: Cuapan Megawati Soal Cawapres Ganjar: Sabar!

Dalam pantauan, Wapres Maruf Amin pun tiba bersama bu Wury Maruf Amin pukul 08.26 WIB.

Ia datang dengan mengenakan pakaian adat Demang khas Betawi. Sementara itu, Wury datang dengan mengenakan pakaian kebaya.

Sementara itu, Presiden Jokowi datang pukul 08.34 WIB. Ia datang dengan mengenakan pakaian adat.

"Bapak Presiden menggunakan baju adat dari daerah Tanimbar Maluku," Kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Rabu.

Baca Juga: Ditemani Cak Imin, Prabowo Hadiri Sidang Paripurna Tahunan MPR/DPR

Dalam pantauan pejabat yang sudah hadir yakni Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel.

Sementara Ketua MPR Bambang Soesatyo hadir pukul 08.11 WIB. Mereka hadir dengan menggunakan jas hitam.

Beberapa pejabat yang hadir setelah Presiden Jokowi antara lain Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menkumham Yasonna H. Laoly hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ketua KPK Firli Bahuri juga terlihat jalan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani hadir dengan mengenakan baju adat berwarna merah muda dari Bengkulu.

Baca Juga: Hadiri Paripurna Tahunan, Wapres Ma'ruf Amin Berkostum Betawi

Untuk para mantan presiden dan wakil presiden, terpantau baru Mantan Wapres Hamzah Haz yang hadir dengan mengenakan jas krem pukul 08.04 pagi. sementara itu, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri hadir pukul 08.38 WIB dengan mengenakan kebaya putih dan selendang merah-putih.

Selain itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurrahman, KSAL Laksamana M. Ali dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo juga terlihat sudah tiba di lokasi acara.

Sidang tahunan digelar sebagai bagian acara perayaan HUT ke-78 RI. Dalam acara ini, Jokowi dan para pimpinan DPR-MPR akan membacakan pidato tahunan perayaan HUT RI.

Editor


Komentar
Banner
Banner