News

Masyaallah, Calon Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi Setelah 7 Bulan Lebih Bersepeda

apahabar.com, JEDDAH – Seorang pemuda bernama Mohammad Fauzan (28) asal Indonesia tiba di Arab Saudi, setelah…

Featured-Image
Jemaah haji mengelilingi Kakbah dengan menjaga jarak di Masjidil Haram, kota suci Mekkah, Arab Saudi (31/7/2020). Foto-Kementerian Media Saudi/AFP

bakabar.com, JEDDAH – Seorang pemuda bernama Mohammad Fauzan (28) asal Indonesia tiba di Arab Saudi, setelah melakukan perjalanan sekitar 7 bulan setengah dengan sepedanya untuk mengikuti ibadah haji bulan depan.

Melansir ihram.co.id, kepada saluran televisi Saudi, Fauzan mengatakan selama perjalanannya dia mengalami beberapa kesulitan.

Salah satunya, Fauzan mengaku mengalami kerusakan pada sepeda dan menghadapi perubahan cuaca di beberapa negara yang dilalui sebelum akhirnya tiba di kota pelabuhan Saudi, Jeddah.

“Setiap negara memiliki cuacanya sendiri. Beberapa negara sedang panas. Yang lain agak panas,” kata Fauzan dikutip di Gulf News, Kamis (9/6).

Dia mengungkapkan, awalnya berpikir untuk melakukan perjalanan dengan sepeda motor. Namun setelah dipikir-pikir, dia membatalkan ide itu dan memilih untuk naik sepeda.

Keputusannya untuk membatalkan rencana tersebut berdasarkan informasi yang didapat, bahwa beberapa negara tidak mengizinkan seseorang masuk dengan sepeda motor.

Pada April lalu, Arab Saudi mengatakan mengizinkan 1 juta peziarah dari dalam dan luar Kerajaan melakukan haji tahun ini. Keputusan ini diambil setelah membatasi ritual selama dua tahun terakhir hanya untuk Muslim yang tinggal di dalam negeri.

Peziarah yang memenuhi syarat tahun ini harus berusia di bawah 65 tahun, divaksinasi penuh terhadap Covid-19, serta menunjukkan hasil tes PCR negatif dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Kerajaan.



Komentar
Banner
Banner