Tak Berkategori

Masuk Balikpapan Bakal Wajib Rapid Test Antigen

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan sepertinya benar-benar serius akan menerapkan pemeriksaan rapid test antigen…

Featured-Image
Pemeriksaan rapid test Antigen. Foto-Antara/Adwid B Pramono

bakabar.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan sepertinya benar-benar serius akan menerapkan pemeriksaan rapid test antigen bagi pelaku perjalanan melalui jalur darat.

Sehingga bagi siapapun dari luar daerah yang hendak masuk ke Balikpapan harus mendapati hasil negatif rapid test antigen.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi membenarkan hal tersebut. Di mana selama sepekan terakhir pihaknya telah melakukan pembahasan dari sejumlah sisi.

Dinas Perhubungan (Dishub) juga telah diminta untuk mendirikan posko di Jalan Soekarno Hatta KM 23 dan perbatasan Balikpapan Timur.

“Kemarin sudah dirapatkan juga sama Dishub. Ini juga lagi koordinasi dengan Asisten I Sekda bagaimana teknisnya. Yang jelas nanti ada posko di KM 23 dan Balikpapan Timur. Kami akan lakukan pemeriksaan disitu,” kata Rizal pada Kamis (21/1/2021).

Penerapan ini, lanjut Rizal, dilakukan lantaran sudah tercatat puluhan warga yang ber-KTP luar Balikpapan terkonfirmasi positif.

Sehingga nantinya mereka yang positif pemeriksaan rapid antigen tidak diperkenankan masuk.

“Ya alau mereka yang hasil pemeriksaan Rapid Antigen-nya positif ya tidak diperkenankan masuk. Kami minta dia kembali,” tegasnya.

Keseriusan tersebut didukung dengan adanya penambahan bantuan 1.000 bahan rapid test antigen yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat kepada kota Balikpapan.

Ribuan Rapid Antigen inilah yang nantinya akan digunakan dalam pemeriksaan pelaku perjalanan melalui darat tersebut.

“Tapi alhamdulillah bahan rapid test antigen sudah kita terima 1.000 paket dari BNPB Pusat. Ini penting, karena kalau tidak ada bahannya kita mau operasinya gimana,” ungkapnya.

Penerapan ini disebut Rizal juga sudah disetujui oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor.

Di mana pihaknya telah menyampaikan rencana kegiatan ini beberapa waktu lalu dan didukung penuh untuk mencegah penularan lebih luas lagi.

“Kita sudah lapor ke Gubernur, dia bilang silahkan lakukan demi kebaikan bersama,” tuturnya.

Diketahui rencana penerapan tersebut ditargetkan akan mulai dilakukan pada pekan ini. Rizal optimis dalam waktu dekat segala persiapan telah matang dan bisa digelar segera.

“Mungkin Minggu ini sudah bisa kayaknya. Tapi ini kita lagi bahas terus,” tutupnya.

img

Pemkot Balikpapan berencana akan menerapkan pemeriksaan rapid test antigen bagi pelaku perjalanan darat masuk ke Balikpapan. Bagi yang hasilnya positif dilarang masuk. Foto-bakabar.com/Riyadi

Komentar
Banner
Banner