News

Masjid Al Jihad Bagikan 8.600 Kupon Kurban, Sabilal Muhtadin Terus Buka Penerimaan

Panitia qurban Hari Raya Idul Adha 1445 H Masjid Al Jihad Banjarmasin memastikan jumlah hewan qurban tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Featured-Image
Proses pemotongan hewan quran di Masjid Al Jihad Banjarmasin. Foto: Istimewa.

bakabar.com, BANJARMASIN - Panitia kurban Iduladha 1445 H Masjid Al Jihad Banjarmasin memastikan jumlah hewan kurban yang disembelih tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Jika di Iduladha 1444 H lalu ada 83 ekor hewan kurban yang diserahkan masyarakat, maka tahun ini meningkat menjadi 86 ekor.

“Alhamdulillah kepercayaan masyarakat meningkat tahun ini. Total jumlah ada 86 ekor yang telah diterimakan,” ujar Ketua Takmir Masjid Al Jihad Banjarmasin, H Taufik, Kamis (6/6/).

Taufik bilang, bahwa saat ini pihaknya juga telah menutup penerimaan hewan qurban. Yang mana dengan jumlah hewan kurban tersebut maka nantinya ada sekitar 8.600 kupon daging yang bakal dibagikan.

Selain itu Taufik menjelaskan, adapun untuk pelaksanaan ibadah qurban sendiri rencananya dilaksanakan usai salat Idul Adha yang dijadwalkan jatuh pada Senin 17 Juni 2024 mendatang.

Disinggung soal kesialan pelaksanan, Taufik memastikan untuk itu juga sudah dilakukan jauh-jauh hari. Dikatakannya pihaknya telah menyiapkan 400 orang panitia dengan tugas yang sudah ditentukan, dari proses penyembelihan hingga pembagian daging qurban.

Di sisi lain, sarana dan prasarana juga telah disiapkan oleh panitia kurban. Di antaranya dua unit alat restraining box penyembelihan guna menghemat waktu, dan sejumlah peralatan memotong hingga pengemasan daging.

“Kupon daging diserahkan kepada pihak yang berkurban sesuai ketentuan dan ada juga panitia yang membagikan untuk masyarakat sekitar Masjid Al Jihad,” ujarnya.

Taufik pun menjamin sapi kurban di Masjid Al Jihad Banjarmasin bersertifikat kesehatan dan bebas dari penyakit. Begitu pula dengan pelaksanaan berdasarkan pedoman penyembelihan dan pemotongan hewan kurban di luar rumah potong hewan (RPH) sesuai imbauan pemerintah dan MUI.

Sementara itu berbeda dengan Masjid Al Jihad, Panitia kurban Masjid Sabilall Muhtadin Banjarmasin hingga saat masih membuka penerimaan untuk hewan qurban. 

Sekretaris Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Samsul Rani mengatakan, untuk sementara jumlah hewan kurban yang telah diterima ada sebanyak dua ekor. 

Kendati demikian Samsul bilang, bahwa jumlah tersebut kemungkinan besar akan terus bertambah seiring dekatnya pelaksanaan ibadah kurban nanti.

“Biasanya masyarakat banyak menyerahkan jelang beberapa sebelum Iduladha,” ujar Samsul Rani.

Ambil contoh pada pelaksanaan tahun lalu, dimana ada sebanyak 26 ekor hewan kurban yang diterima panitia kurban. Bahkan diantaranya, sumbangan dari Gubernur hingga Presiden.

Editor


Komentar
Banner
Banner