Iduladha 2023

Masjid Al Akbar Surabaya Gelar Karpet Merah untuk 'Big Show'

Pemandangan tak biasa terlihat di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS). Di sana terbentang karpet merah layaknya gala premiere.

Featured-Image
Sapi Kurban milik Presiden Jokowi tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya hari ini (28/6). Foto: dok Masjid Al-Akbar Surabaya

bakabar.com, SURABAYA - Pemandangan tak biasa terlihat di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS). Di sana terbentang karpet merah layaknya gala premiere.

Karpet merah itu tak disiapkan menyambut aktor utama The Flash; Ezra Miller, apalagi si gesit Jackie Chan. Tapi untuk 'Big Show'. Si sapi limosin pemberian Presiden Joko Widodo. Mantap!

Humas MAS Helmy M Noor menyebut, karpet merah itu digelar agar meriah. Sehingga sapi tak stres. Juga sebagai bentuk penghormatan. "Kalau stres akan berdampak pada kualitas dagingnya,” kata Helmy.

Baca Juga: Prabowo Berkurban Puluhan Sapi untuk Warga Hambalang

Sapi itu tiba di MAS pukul 09.30 WIB. Diserahkan oleh Jokowi. Beratnya 1,1 ton dan dibeli langsung dari peternak di Lumajang, Jawa Timur.

Helmy menyebut usia sapinya empat tahun. "Rencananya akan dipotong pada H+1. Tepatnya hari Jumat," katanya.

Meski disambut layaknya mega bintang, sapi pemberian Jokowi ini tetap melalui pemeriksaan kesehatan. Tak ada urusan privilege. 

Baca Juga: Sulitnya Evakuasi Sapi Kurban yang Terjun ke Bozem Surabaya

Pemeriksaan itu dilakukan tim dari Dinas Peternakan Jatim dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair). Sapi Jokowi ini adalah kurban ke-9 yang diberikan kepala negara untuk MAS.

Biar tahu saja. Hingga kini, sudah ada 16 sapi dan 36 kambing kurban yang ada di MAS. Dua di antaranya milik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya; Emil Dardak.

“Setelah dipotong, kami tidak membagi daging kurban di tempat, tapi langsung datang ke lokasi yang didata kelurahan," tutup Helmy.

Editor


Komentar
Banner
Banner