Civic Type R

Masih Banyak Belum Tahu, Perbedaan Honda Civic Type R dengan Civic RS

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan generasi terbaru mobil sport All New Honda Civic Type R di Indonesia pada Kamis (30/3).

Featured-Image
All New Civic Type R resmi mengaspal di Indonesia. (Foto: dok. The Car Expert)

bakabar.com, JAKARTA -PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan generasi terbaru mobil sport All New Honda Civic Type R di Indonesia.

Sebagai generasi teranyar, All New Honda Civic Type R hadir dengan desain yang agresif dan semakin aerodinamis, begitu juga pada jantung pacunya yang makin bertenaga.

"All New Honda Civic Type R dikembangkan sebagai puncak dari mobil sport Honda yang mengusung karakter Pure Sport. Civic Type R pertama terinspirasi oleh warisan Honda di trek balap dan dengan sempurna mewujudkan semangat DNA balap Honda," kata President Director PT HPM, Kotaro Shimizu beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Membedah Lebih Dalam Spesifikasi All New Honda Civic Type R

Diketahui, Civic Type R diciptakan untuk performa tinggi sebagai produksi massal dari Honda, oleh karena itu mulai dari mesin, dan beberapa perintilan Type R mendukung sebagai mobil berperforma tinggi.

"Kami sangat bangga membawa generasi terbaru dari Civic Type R Indonesia dan kami yakin model ini kembali juga akan disambut baik oleh para fans Honda di sini," imbuhnya.

Namun tahukah Anda, kendati memakai basis mobil yang sama, All New Honda Civic Type R dengan All New Honda Civic RS mengusung beberapa perbedaan.

Berikut ini perbedaan kedua mobil tersebut:

Mesin

Perbedaan pertama dimulai dari mesinnya. Honda Civic Type R lahir sebagai mobil dengan performa tinggi, pastinya mesin yang digendong jelas berbeda dengan Civic biasa.

All New Civic Type R menggendong mesin berkode K20C1 4-silinder VTEC Turbocharged.

Baca Juga: All New Honda Civic Type R Mengaspal di Indonesia, Harganya Segini

Sebenarnya mesin tersebut sama dengan Type R sebelumnya tapi dengan beberapa penyempurnaan di bagian ECU, intake, turbo dan exhaust. Dengan begitu tenaganya meningkat dari generasi sebelumnya.

Civic Type generasi sebelumnya bertenaga 306 dk pada 6.500 rpm dan torsi 400 Nm, pada generasi ini tenaganya melonjak menjadi 319 PS (315 dk) pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 420 Nm pada 2.600-4.000 rpm.

Sementara itu, All New Honda Civic RS, memakai mesin berkode L15BG 4-silinder VTEC berkapasitas 1.498 cc turbo bertenaga 178 PS (176 dk) dan torsi 240 Nm.

Mode Berkendara

Perbedaan lainnya adalah pada All New Honda Civic Type R dilengkapi dengan 4-Mode Driving System, terdiri dari +R mode, Comfort mode, Sport mode, dan 1 mode baru yaitu Individual Mode.

Baca Juga: Keren! 5 Mobil Honda Sukses Sabet 6 Penghargaan Otomotif Award 2023

Fitur Individual Mode tersebut berguna untuk mengatur setting pada engine, steering wheel, suspension dan lainnya guna menciptakan mode berkendara yang lebih sesuai dengan preferensi pengemudi.

Transmisi

Seperti pada sebuah mobil berperforma tinggi, All New Civic Type R hanya dibekali transmisi manual 6-percepatan khas type R tanpa transmisi otomatis. 

Sementara itu, All New Honda Civic yang masuk ke Indonesia hanya tipe RS, memakai transmisi otomatis jenis CVT.

Perbedaan lainnya baca di halaman selanjutnya...

HALAMAN
12
Editor
Komentar
Banner
Banner