Pemilu 2024

Mahfud MD Sebutkan Tantangan Setahun Jelang Pemilu

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut masih ada beberapa kendala yang harus dibenahi jelang satu tahun gelaran Pemilu.

Featured-Image
Mahfud MD Beberkan Tantangan Setahun Jelang Pemilu saat rakornas di Jakarta, Senin (29/5). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyebut persiapan Pemilu 2024 sudah hampir selesai 100 persen. Namun ia menyebut masih ada beberapa kendala yang harus dibenahi jelang satu tahun gelaran Pemilu.

Salah satu hal penting yang masih dibahas yakni sistem proporsional Pemilu yang belum diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi.

“Masih ada beberapa isu krusial yang kita tunggu, misalnya sistem Pemilu apakah akan terbuka atau akan tertutup," kata Mahfud MD saat Rakornas membahas stabilitas politik, hukum, dan keamanan negara jelang Pemilu Serentak 2024 pada Senin (29/5) di Ballroom Hotel The Westin.

Baca Juga: Mahfud MD Desak Polri dan MK Usut Kebocoran Putusan Sistem Pemilu

Meski krusial, Mahfud menyebut Pemilu dengan sistem proporsional tertutup atau pun terbuka, bukanlah sebuah masalah jika dilihat dari sudut pandang penyelanggara Pemilu.

Menurutnya hal yang membedakan hanya mekanisme pemilihan saja. Jika diputus tetap terbuka, maka masyarakat bisa memilih langsung siapa calegnya. Namun jika tertutup maka masyarakat hanya memilih partai.

“Secara teknis bagi penyelenggara pemilu terbuka ataupun tertutup itu sama saja secara teknis administrasi,” ujarnya.

Baca Juga: Pengamat: Putusan MK Soal Sistem Pemilu Politis dan Suka-suka!

Selain sistem proporsional pemilu, masalah lainnya yaitu mekanisme yang akan diterapkan guna menjaga keamanan menjelang hingga saat Pemilu berlangsung.

Untuk itu, Mahfud meminta teknis pengamanan pemilu dilakukan oleh TNI dan Polri secara sinergis dan netral. Ia berpesan agar TNI-Polri mengawal proses pemilu sampai ke pelosok wilayah.

“Saya ingin menekankan di sini ada netralitas yang harus dipedomani betul. Selain sinergisitas tadi, harus bersinergi menjaga pemilu ini, TNI dan Polri tentu nanti akan bersinergi juga dengan pemerintah juga,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner