News

Mahfud Ingatkan Pemda: Waspada Karhutla di Tahun Politik!

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengunjungi k

Featured-Image
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengunjungi kantor BNPB didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto meninjau kantor BNPB di Jakarta Timur, Rabu (25/1/2023). apahabar.com/Andrey Micko

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengunjungi kantor BNPB, Rabu (25/1). Ia didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. 

Dalam kunjungannya, Mahfud MD memonitoring secara real time sejumlah lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. "Di sini kita bisa tahu sedang terjadi apa, jika ada titik api maka akan terlihat di sini, ini suatu kemajuan," ujar Mahfud.

Mahfud mengimbau sejumlah kepala daerah yang mempunyai hutan rawan kebakaran tetap fokus mencegah dan mempersiapkan penanggulangan karhutla.

Baca Juga: Kemarau 2023 Lebih Kering, Polda Kalsel Siaga Hadapi Ancaman Karhutla

"Pemda untuk waspada terus komunikasikan kepada BNPB kalau ada apa-apa," katanya

Mantan ketua MK tersebut juga mengingatkan agar waspada karena biasanya menjelang tahun politik banyak orang yang lalai karena sibuk bekerja. "Semoga hal ini tidak terjadi," tambahnya.

Mahfud juga menilai Indonesia telah berhasil menanggulangi bencana karhutla beberapa tahun terakhir. "Ini prestasi, beberapa tahun terakhir itu sudah sepi dari gugatan dan protes dunia internasional karena kebakaran hutan," ujar Mahfud.

Mahfud juga mengimbau agar perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan hutan ikut mencegah karhutla. "Kita bersama-sama menanggulangi dan mengantisipasi," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner