samsung

Mahalnya Harga iPhone Sebanding dengan HP Samsung, Alasannya Sederhana

Tidak hanya iPhone saja yang mahal, Samsung pun juga mahal

Featured-Image
Samsung Galaxy Note20 Ultra. (Foto: dok. gsmarena)

bakabar.com, JAKARTA - Baru saja iPhone meluncurkan smartphone terbarunya dengan harga belasan juta. Ponsel Android Samsung juga hadir dengan harga mahalnya.

Dengan terkenalnya seri Galaxy, Samsung terus menerus mengeluarkan produk Handphone (HP) Android untuk berbagai segmen. Dari mulai segmen kelas low end sampai kelas high end, semua tersedia. HP Android Samsung yang high end sudah jelas harganya selalu mahal bahkan bisa seharga satu sepeda motor.

Bahkan, jika Anda butuh featured phone merek Samsung harganya tetap lebih mahal dibanding featured phone buatan lokal (tentunya dengan spesifikasi yang serupa).

Dikutip dari beberapa sumber, ternyata ada alasan kenapa HP Samsung rata-rata dijual dengan mahal, berikut 7 alasan kenapa Hp Samsung mahal harganya;

1. Branding

Alasan pertama dan pasti Anda juga yakin dengan hal ini adalah branding. Samsung memiliki citra yang kuat dan positif karena nama Samsung ini sudah lama dikenal masyarakat. Samsung juga memiliki citra yang kuat akan produk elektronik lainnya seperti TV, lemari pendingin, dan lain sebagainya. Samsung juga dulu sempat mengeluarkan ponsel. Tapi nama Samsung sebagai raja smartpone baru bersinar ketika mereka menghadirkan smartphone dengan OS Android.

Baca Juga: Ponsel Vivo V25e Dibanderol Rp3 Jutaan, Simak Spesifikasinya

Dengan nama yang sudah dikenal, dipastikan membuat orang percaya pada Samsung. Jadi ketika Samsung menelurkan sebuah produk, orang tidak akan ragu lagi untuk membeli Smartphone  Samsung meskipun memang mahal. Jadi wajar harganya mahal karena Samsung memiliki branding yang kuat sebagai produsen elektronik (termasuk HP) terkemuka.

2.Iklan

Ada vendor HP lain yang juga punya nama dan memiliki produk elektronik lain tapi namanya tidak sekuat Samsung. Mengapa? Karena Samsung terbilang sukses dan efektif dalam membelanjakan iklan.

Samsung tak tanggung-tanggung dalam beriklan. Setiap smartphone terbaru munculnya, iklannya tersebar di berbagai macam media. Baik media cetak, media elektronik, media sosial, dan media online, serta poster reklame di berbagai jalan.

3.Trust (Kepercayaan)

Alasan ketiga masih berhubungan dengan poin kedua, yakni tentang kepercayaan atau trust. Masifnya iklan Samsung membuat orang selalu terngiang-ngiang tentang brand ini. Secara tidak langsung, Logo Samsung mempengaruhi pikiran orang tentang sebuah ponsel bagus.

Baca Juga: 5 Duo Paling Bestie di Anime, Ada Jagoan Kamu?

Orang kadang tidak terlalu memerhatikan spesifikasi. Yang penting cukup cepat, kamera bagus, san mereknya harus Samsung. Faktor ini kemudian menyebar dan meningkatkan reputasi Samsung lebih tinggi dibandingkan brand lain. Karena reputasi yang baik, kepercayaan orang akan Brand Samsung pun meningkat.

4.Teknologi Terkini

HP Samsung umumnya hadir dengan teknologi terkini bahkan kerap menghasilkan inovasi yang kemudian ditiru oleh vendor HP lain. Contohnya HP flahgship dari Samsung yang rata-rata selalu menghadirkan inovasi dan teknologi terkini yang kemudian diikuti oleh para pesaing. Bisa dibilang, Samsung adalah pionir dalam menghadirkan inovasi dan teknologi di ranah smartphone.

5.Kualitas Produk

Samsung termasuk vendor yang sering menghadirkan produk dengan kualitas baik, umumnya produk terbaik mereka ada di kelas flagship, berikutnya ada di kelas middle-end. Produk-produk terbaik dari Samsung sering menarik banyak orang untuk membelinya seperti Seri Samsung Galaxy S dan Samsung Galaxy Note.

6.Persaingan Dengan Apple

Sebagai raksasa di ranah smarpthone, Samsung tentu tak mau kalah saing dengan rivalnya, Apple. Semua orang tahu kalau iPhone atau rata-rata produk Apple memang harganya mahal. Brand Apple ini lebih kuat dibanding Samsung.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Seseorang Sering Mengecek Ponsel Pasangan

Nah, tentu Samsung tidak mau kalah soal ini. Akhirnya muncul persaingan teknologi smartphone dari kedua "raksasa" ini. Apalagi keduanya sering terlibat dalam permasalahan hak paten.

7.Layanan Purnajual (termasuk garansi)

After Sales atau layanan purnajual Samsung adalah salah satu layanan purnajual terbaik. HP Samsung Anda rusak? Anda tidak perlu menunggu lama berhari-hari layaknya layanan purnajual dari vendor HP lain. Bahkan Samsung layanan yang disebut My Samsung Service,

Anda juga bisa dengan mudah membawa HP Samsung yang rusak ke service center Samsung yang tersebar di berbagai kota besar untuk menebus garansi. Untuk Anda ketahui, pelayanan garansi di Samsung termasuk paling cepat dan mudah.

Editor


Komentar
Banner
Banner