LIFESTYLE

3 Alasan Mengapa Seseorang Sering Mengecek Ponsel Pasangan

Selain komunikasi, kunci dari hubungan yang harmonis adalah dilandasi oleh rasa saling percaya dan komitmen untuk menjaganya.

Featured-Image
Alasan mengapa seseorang sering mengecek ponsel pasangan (Foto: dok.Beauty.Journal)

bakabar.com, JAKARTA - Menikmati momen bahagia dalam menjalin hubungan asmara jadi impian semua pasangan. Namun tak jarang harapan tersebut dengan berbagai ujian.

Ujian terjadi bisa karena berbagai faktor, misalnya komunikasi, kesalahpahaman, cemburu, atau kurangnya perhatian.

Selain komunikasi, kunci dari hubungan yang harmonis adalah dilandasi oleh rasa saling percaya dan komitmen untuk menjaganya.

Dikutip dari Times of India, psikolog bernama Puja Dedhia mengatakan bahwa melihat isi ponsel pasangan menunjukkan adanya keraguan dalam hubungan yang berujung toxic.

Melanggar Privasi

Di era yang serba digital membuat privasi mudah dilanggar. Menurut pakar therapeutic relationship, Andrew G Marshall, menyebutkan kalau memata-matai pasangan termasuk sebagai tindakan untuk mengendalikan.

Meski Anda dan pasangan memiliki kedekatan, tetap saja sebagai individu, pasangan berhak memiliki privasinya sendiri.

Hubungan yang transparan memang penting, tetapi jangan lupa ada ruang pribadi yang tetap harus dijaga.

Perkokoh Pondasi

Kepercayaan merupakan pondasi dalam hubungan. Nah, ketika Anda diliputi rasa curiga terhadap pasangan hingga tergoda untuk mengecek HP miliknya, ini dapat menjadi sumber pertengkaran. 

Selain membuat pasangan merasa dimata-matai, kebiasaan ini juga akan menimbulkan rasa sakit hati jika ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Jadi tentu saja pilihannya ada di tangan Anda, ya.

Dan merangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah alasan yang mendasari mengapa seseorang sering memeriksa ponsel pasangan:

1. Kurangnya rasa percaya diri

Memiliki kepercayaan diri yang rendah bisa menjadi penyebab seseorang tidak percaya terhadap pasangannya.

Merasa diri belum layak sebagai pasangan yang baik dan mengganggap dirinya belum cukup untuk memberikan kebahagiaan.

Hal itu yang membuat seseorang mencari validasi dengan mengecek pesan, sosmed, dan media sosial lainnya untuk memastikan bahwa tidak adanya ketertarikan terhadap orang lain. 

2. Memiliki trauma terhadap masa lalu

Trauma masa lalu yang pahit terutama dengan permasalahan pengkhianatan kepercayaan bakal membuat seseorang memiliki kenangan emosional yang secara tidak langsung mempengaruhi tindakan saat ini.

Pada akhirnya menimbulkan perasaan takut akan kejadian buruk tersebut terulang lagi. Maka dari itu, seseorang akan selalu memantau setiap gerak-gerik dan mengecek ponsel pasangannya.

3. Kurang dewasa

Rasa cemburu merupakan bagian dari rasa sayang, hal tersebut menandakan anda takut kehilangan pasangan serta khawatir akan sesuatu hal buruk yang terjadi. Hal itu memang wajar terjadi.

Namun, cemburu berlebihan hingga membuat anda selalu cek handphone pasangan tentunya akan membuat pasangan merasa tidak dipercayai dan tidak dihargai. Melakukan hal tersebut dengan rutin mencerminkan diri anda yang tidak dewasa.

Dengan mengecek ponsel pasangan artinya Anda memiliki masalah kepercayaan dalam hubungan yang belum selesai.

Jika dibiarkan, hal tersebut akan berdampak hubungan menjadi tidak harmonis. Selalu terbuka dan komunikasi di setiap masalah akan membuat hubungan menjadi lebih sehat. Semoga informasi tadi bermanfaat ya!

Editor


Komentar
Banner
Banner