Djoko Pekik

Maestro Lukis Indonesia Djoko Pekik Meninggal Dunia

Maestro lukis Indonesia Djoko Pekik meninggal dunia. Djoko Pekik meninggal dunia dalam usia 85 tahun.

Featured-Image
Djoko Pekik. Maestro lukis Indonesi. Sumber:Flickr

bakabar.com, JAKARTA - Maestro lukis Indonesia Djoko Pekik meninggal dunia. Djoko Pekik meninggal dunia dalam usia 85 tahun.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh seniman Butet Kertaredjasa melalui akun Instagramnya. “Selamat jalan Pak Djoko Pekik. Sumangga Gusti,” tulis Butet dalam unggahannya, Sabtu (12/8).

Selain Butet, sutradara Garin Nugroho Riyanto juga menyampaikan kabar duka tersebut melalui akun Instagram pribadinya. Garin menuliskan bahwa Djoko Pekik mengembuskan napas terakhirnya di RS Panti Rapih Yogyakarta.

"Telah meninggal dunia dengan tenang Bapak DJOKO PEKIK (usia 85 tahun) pada hari Sabtu Kliwon, 12 Agustus 2023 pukul 08.19 WIB di RS Panti Rapih Yogyakarta," tulis Garin, Sabtu (12/8).

Djoko Pekik terkenal sebagai pelukis dengan gaya realis-ekspresif. Kekritisan dan keberpihakannya pada rakyat kecil membuatnya kerap membubuhkan nilai-nilai kerakyatan dalam berbagai karyanya.

Baca Juga: Menyusuri Kehidupan Seniman Penyandang Disabilitas Edo Makarim dalam Pameran Lukis 'Tapak Katresnan'

Salah satu karyanya yang terkenal adalah Berburu Celeng. Lukisan ini menggambarkan tentang bagaimana pemimpin Indonesia di era Orde Baru.

Tahun 1998 Djoko Pekik juga membetot perhatian publik. Ia mengadakan pameran di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY). Tapi selama gelaran pameran yang diadakan sehari semalam tersebut, ia hanya menampilkan satu buah lukisan.

Editor
Komentar
Banner
Banner