Relax

Seniman Grafiti Nasional dan Internasional bakal Adu Kreatifitas di King Royal Pride 2022  

apahabar.com, JAKARTA – Seni grafiti jadi wadah kreatifitas yang menampung ragam aspirasi. Di dalam paduan pola…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA - Seni grafiti jadi wadah kreatifitas yang menampung ragam aspirasi. Di dalam paduan pola dan warnanya, tidak hanya menyuguhkan gambar yang indah secara estetik, melainkan juga ada pesan yang menggelitik atau memuat kritik.

Sebagai bentuk kepedulian brand terhadap skena dan ekosistem grafiti di Indonesia, Diton King merek cat semprot khusus grafiti dan seni rupa kembali menggelar festival bertajuk "King Royal Pride" pada 17-18 September 2022, di Jakarta Utara.

Sebelumnya, ajang serupa telah dilaksanakan pada tahun lalu. Di mana King Royal Pride berhasil mendapatkan antusias dan karya luar biasa dari seniman grafiti Tanah Air.

Berbeda dari tahun sebelumnya, di festival kali ini Diton King akan memboyong sejumlah artis grafiti ternama dari sejumlah negara di Asia dan Eropa.

"Tahun ini Diton King bakal menggandeng beberapa artistan besar dari Eropa dan Asia," kata Ricky Yanuardi, Principal Diton King & Project Director King Royal Pride.

img2

Ilustrasi seniman grafiti Indoensia (Foto: IG @diton.king)

Dia melanjutkan, artis grafiti dari luar negeri yang dihadirkan tentunya sudah memiliki reputasi dan karya yang telah diakui di kancah dunia grafiti.

Mereka di antaranya Nomad dan Bad K dari Hamburg, Dizy One dari Berlin, Quiccs dan Eggfiasco dari Filipina, Faso dari Taiwan, Nerdink dari Brunei Darussalam, Zunk dari Vietnam, dan Mile dari Malaysia.

"Bersama dengan seniman grafiti lokal yang kami undang, para artisan telah menyiapkan performa terbaiknya, seperti Smok, Yeah, Wacky, Fortes, dan lainnya," ujar Ricky.

800 Seniman Grafiti Berekspresi

Nantinya, lanjut Ricky, King Royal Pride 2022 juga mengajak sekitar 800 seniman dari 67 kota di 18 provinsi di Indonesia. Mereka akan menggambar secara serentak di 70 dinding yang telah disediakan.

"Festival ini adalah ruang berekspresi sekaligus mengasah kreativitas, yang mendapatkan suplai cat semprot Diton King dan dapat digunakan untuk menghasilkan karya terbaik," ungkap Ricky.

Menurutnya, Diton King adalah merek cat semprot Indonesia khusus untuk grafiti dan seni rupa. Produk tersebut telah dipasarkan sejak 2018 dan telah diakui dunia internasional, karena telah diekspor ke beberapa negara.

"Kami telah ekspor dan jual ke Malaysia, Taiwan, Vietnam, Brunei, dan Thailand. Di tahun ini, kami juga akan secara resmi meluncurkan produk terbaru dan memperkenalkan beberapa wajah baru pada kemasannya," tutur Ricky.

Inovasi dalam King Royal Pride 2022

Selain terus berinovasi menghadirkan produk terbaru, kata Ricky, salah satu cara untuk mewujudkan visi menjadi pemimpin pasar industri seni, baik di Indonesia maupun dunia adalah dengan menghadirkan event King Royal Pride.

"Event ini sebagai wadah untuk para seniman dan komunitas grafiti mengekspresikan karya secara serempak dalam skala nasional dan internasional. Kami ingin jadikan King Royal Pride sebagai acara tahunan berstandar internasional," ungkap Ricky.

Di sisi lain, Ricky berharap, dengan adanya King Royal Pride ini tak hanya meningkatkan semangat para seniman di dalam komunitas skena graffiti nasional, tapi juga memperkuat solidaritas antar komunitas nasional maupun internasional.

"Tak kalah penting, dengan menggunakan Diton King sebagai produk lokal berkualitas internasional juga dapat membangkitkan rasa bangga pada produk dalam negeri dan merasakan langsung keunggulan dari Diton King itu sendiri," ungkapnya.

Sementara, untuk menghibur para peserta yang tengah beradu kreatifitas grafiti, King Royal Pride 2022 akan dimeriahkan dengan penampilan sejumlah musisi. Ada Tuan 13, Mario Zwinkle, dan DJ Jungle Dub Warrior. (Monika)



Komentar
Banner
Banner