LIFESTYLE

Ternyata Melamun Bisa Rangsang Kreativitas, Kenali Manfaatnya!

Berapa waktu yang Anda habiskan untuk melamun dalam sehari? Kegiatan melamun kerap dilakukan sebagai cara merenungkan atau mengkhayalkan sesuatu dengan intens

Featured-Image
Manfaat melamun yang dapat merangsang kreativitas otak. Foto: Envato.

bakabar.com, JAKARTA - Berapa waktu yang Anda habiskan untuk melamun dalam sehari? Kegiatan melamun kerap dilakukan sebagai cara merenungkan atau mengkhayalkan sesuatu dengan intens tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. 

Namun, melamun sering dianggap sebagai kegiatan seorang pemalas dan identik dengan hal negatif. Padahal di balik stigma tersebut, rupanya melamun punya fungsi yang luar biasa, terutama buat otak.

Bahkan penelitian menunjukkan bahwa aktivitas melamun dapat digunakan sebagai wahana yang membantu Anda melewati jeda waktu atau mengendapkan keputusan besar yang akan diambil.

Menghimpun berbagai sumber, berikut manfaat melamun:

1. Meredakan stres dan kecemasan

Stres dan kecemasan dapat diredakan dengan melamun karena kegiatan ini memungkinkan pikiran untuk rehat dari tuntutan harian. 

Mengutip Very Well Mind, melamun dapat membantu seseorang mengabaikan dunia 'luar' yang bising dan membiarkan pikiran mengalir dengan bebas.

Hal ini bisa mendorong relaksasi mental dan eksplorasi. Ketika pikiran mengalir seperti ini, kita berada dalam apa yang disebut keadaan gelombang alfa.

Ketika kita berada di zona alfa, kita tenang dan tidak memikirkan apapun dengan kekuatan yang dipaksakan. Sehingga bisa membantu pikiran mengurangi stres dan kecemasan.

2. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas

Dalam keadaan melamun, otak dapat memproses ide-ide baru yang muncul dari imajinasi. Hal ini dapat membantu meningkatkan kreativitas dan menghasilkan ide-ide baru yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian telah membuktikan bahwa melamun memiliki hubungan dengan tingkat kreativitas yang lebih tinggi.

Dalam satu studi di mana mahasiswa memiliki waktu 2 menit untuk menemukan sebanyak mungkin kegunaan untuk hal-hal sehari-hari (seperti tusuk gigi dan batu bata) membuktikan hal ini.

Mereka yang melamun lebih dulu, daripada terus fokus pada masalah, lebih baik dalam menghasilkan lebih banyak ide kreatif. Tidak dengan selisih yang kecil juga. Mereka 41% lebih produktif dan kreatif.

3. Membantu untuk menetapkan dan mencapai tujuan

Penelitian baru mengungkapkan bahwa pikiran yang mudah terganggu bisa dimotivasi oleh tujuan kita.

Sebagai contoh atlet dan pemain terkadang menggunakan lamunan yang disengaja untuk berlatih sebelum pertandingan atau pertunjukan dan menghilangkan gangguan pikiran di luar pertandingan.

Metode ini mempersiapkan otak mereka untuk fokus dan mencapai keberhasilan. Ini seperti berlatih secara mental daripada fisik untuk hasil yang diinginkan. Imajinasi atau lamunan terstruktur semacam ini telah populer di bidang psikologi olahraga.

4. Meningkatkan daya ingat

Melamun dapat membantu meningkatkan daya ingat karena otak terlatih untuk mengingat dan memproses informasi dalam bentuk visual.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa melamun secara berlebihan dan terlalu lama dapat menjadi masalah jika mengganggu keseimbangan hidup dan interaksi sosial seseorang. Melamun juga tak boleh digunakan sebagai pengganti tindakan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan impian seseorang.

5. Membantu pemecahan masalah

Sebagian besar seseorang akan mendapatkan keuntungan dari melamun karena bisa melihat perspektif baru.

Selain memiliki perspektif yang segar, melamun tampaknya bekerja lebih baik daripada mencoba memaksakan solusi.

Dalam satu studi yang melacak pola pemikiran internal yang berbeda, para peneliti menyimpulkan bahwa pengembaraan pikiran itu penting dan baik bagi manusia. Hal ini karena proses kognitif akan mengarah pada ide-ide baru.

Itulah beberapa manfaat dari melamun yang tidak selalu negatif. Namun tentu saja, manfaat dari kegiatan ini bisa Anda rasakan jika dilakukan dalam porsi dan tujuan yang sesuai, ya!

Editor


Komentar
Banner
Banner