liga inggris

Liverpool Sebut Kesalahan VAR Melawan Spurs Merusak Citra Olahraga

Kesalahan Video Assistant Referee (VAR) saat Liverpool kalah dari Tottenham Hotspur 1-2 dinilai merusak citra dunia olahraga khususnya sepak bola.

Featured-Image
Tayangan posisi Luis Diaz yang dinilai wasit offside saat menghadapi Tottenham, Sabtu (30/9).

bakabar.com, JAKARTA - Kesalahan Video Assistant Referee (VAR) saat Liverpool kalah dari Tottenham Hotspur 1-2 dinilai merusak citra dunia olahraga khususnya sepak bola.

Pasalnya, Liverpool menyatakan bahwa VAR telah melakukan kesalahan dengan menganulir gol Luis Diaz yang seharusnya tidak offside di pertandingan tersebut.

“Jelas aturan mainnya tidak diterapkan dengan benar, sehingga merusak integritas olahraga,” tulis keterangan resmi Liverpool.

Baca Juga: Tottenham vs Liverpool Penuh Drama, Juergen Klopp Kecam Ofisial Wasit

Pada saat pertandingan berlangsung kedua tim menjalankan pertandingan dengan intensitas tinggi.

Hal tersebut dibuktikan saat Liverpool harus bermain dengan sembilan pemain usai Curtis Jones dan Diogo Jota menerima kartu merah.

Namun, momen paling kontroversial terjadi di babak pertama ketika gol Diaz dianulir karena offside, meskipun secara fair play sah. Sehingga VAR sudah melakukan keputusan kontroversial.

Professional Game Match Officials Board (PGMOL) juga bergerak cepat memberikan tanggapan terkait gol Luis Diaz.

Baca Juga: Dramatis! Tottenham Benamkan 9 Pemain Liverpool 2-1

Melalui keterangan resminya menjelaskan bahwa kejadian tersebut merupakan kesalahan manusia yang signifikan.

"Ini juga tidak dapat diterima. Setiap dan seluruh hasil harus ditentukan hanya melalui tinjauan dan dengan transparansi penuh," tulis pernyataan PGMOL.

Selain itu, PGMOL menerangkan bahwa dengan jelas menganulir gol Diaz merupakan kesalahan faktual dan seharusnya gol tersebut diberikan melalui intervensi VAR.

Mereka juga berjanji akan melakukan peninjauan menyeluruh terhadap keadaan yang menyebabkan kesalahan tersebut.

Padahal teknologi VAR seharusnya memperkuat, bukan merusak integritas sepakbola.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Duel Tottenham vs Liverpool

Akibat dari kejadian kontroversial tersebut ofisial VAR Darren England dan asistennya Dan Cook telah digantikan untuk pertandingan berikutnya.

Sehingga Darren England serta Dan Cook tidak dapat bertugas pada laga Nottingham Forest vs Brentford dan Fulham vs Chelsea.

Editor


Komentar
Banner
Banner